Masuk lobang

Tuesday, March 31, 2009 5 pengkoment...
Pret.......
Masuk lobang, tutup lobang..eh malah masuk lobang lagi. Mungkin inilah yang terjadi sekarang. Makin panas aja terasa dunia ini, mencekam. Tapi ga ada hubungannya ini dengan global warming lo... Mengapa???

Ini dia, UTS yang identik dengan ujian dan menguras otak akan terjadi minggu depan. Hmm... belum itu lagi, proyek sama TA belum juga kelar-kelar. Busyet deh... padahal minggu depannya lagi akan ada seminar TA. Matilah bah... macam tak bernafas awak di dunia ini. Masuk lobang dan masuk lobang lagi, ga tutup lobang.

Tak terasa juga, akhir dari semester ini semakin dekat, UTS, UAS, kuis, proyek, seminar, pra sidang, sidang, KP dan itulah mungkin gambaran besar kegiatan yang akan berlangsung nantinya dalam kurun waktu sekitaran empat bulan ke depan. Parah bah. Mungkin anak ini bakalan stress nanti ya...ato uda stress kurasa.

Ya sudah... apa pun makanannya, salah... apa pun itu... jalani aja. Masalah, biarlah datang bersamaan.  Jalani aja, kata orang. Ejoy aja, kata mereka lagi. Itu uda bagianmu, iya pula, kata orang lagi. Anda ada disana, maka anda harus berani menerima resikonya, itu kataku sih. !!!!!!!!!! :) Ada lagi, hidup katanya perjuangan, hidup penuh penderitaan, bersakit-sakit ke hulu, ya sakit aja disitu......

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Wednesday, March 25, 2009 3 pengkoment...
Argh...
ga tahu lagi mau nulis apa aku ini di blog tercinta ini. Sebenarnya banyak yang mau diutarakan dan dicurahkan dari otak ini, tetapi malas inilah yang tidak terlawan. Gawat nih. Padahal liburan ada setengah minggu ni, mau ngapainla ya...???

Ngerjain TA, ngerjain project, buat paper, baca slide karena mau quis habis liburan, otak-atik sana-sini isi komputer, baca sana baca sini, nonton, dengar musik dll lah kali. Suntuk kali pun mikirin itu semua.

Dari pada ga ada kerjaan, aku mau buatin slogan atau gambarlah cocoknya dibilang. Kebetulan nih suasana lagi masa-masanya pemilu legislatif dan dilanjutkan nanti pemilihan presiden. Topiknya adalah mengenai Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 yang diadakan mas Pogung yang juga sebagai ajang lomba SEO. Mantapkan, dua-duanya digabung, dapat kampanyenya, dapat juga SEO-nya. He...he....

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009
Tapi, mau apalah dibilang, ternyata susah sekali rupanya untuk mencapai atau untuk berada diurutan teratas dalam SEO ini, dengan kata "Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009" di http://google.co.id, cobalah anda ketikkan itu kata, warghhh.... beratus ribu coy kata yang berhubungan dengan itu.

Hhhmm.... banyak kali pun yang jadi peserta, ga cuma pesertanya yang banyak, domain dengan menggunakan kata atau kalimat Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 banyak kali, ga cuma satu. Semuanya yang mulai berbau .com, .net, .org, .info dkk. Lain masih yang ada dalam hostingan gratis, seperti yang ada di blogspot, wordpress, multiply dkk. Buanyak kalilah, tidak dapat kata aslinya di balikkan atau diacak kata tersebut.

Mengapa demikian???
Yah... karena dalam SEO, hal yang pertama dilihat adalah domain yang digunakan apakah itu menggunakan langsung kata kunci yang hendak dicari, kemudian menelusuri hal-hal yang lainnya yang mendukung pengoptimalan dalam SEO. Jika kita coba cek page ranking (PR) dari halaman tersebut di google page ranking atau di http://www.pageranknet.com/, masih nol besar PR-nya. Tapi kok bisa berada diurutan teratas ya???? Sial juga perasaan kadang-kadang ya.

Namun yang saya salut adalah, bagi mereka yang tidak menggunakan sama sekali kata kunci dalam domainnya, tetapi hanya melalui tulisan dalam postingannya mengenai Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. Mereka juga bisa bertengger diurutan sepuluh besar dihalaman pertama pencarian google. Kerenlah bagi mereka, itu berarti, mereka benar-benar menjalankan teknik SEO yang baik.

Meskipun demikian, nih juga mau tetap ikutan. Walaupun masih newbe dalam hal SEO, setidaknya sudah turut serta dalam kontest ini apalagi ini adalah mengenai Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 yang sedang berlangsung di negara kita ini. Tidak dapat SEO-nya atau hadiah dalam kontestntya, setidaknya kita sudah ikut mengeluarkan pemikiran atau opini melalui media seperti ini mengenau pemilu yang akan berlangsung di negara kita ini. Juga sebagai ajang kampanye damai dan turut mensukseskan pelaksanaan kampanye dan pemilu di negara kita ini nantinya.

Sukses Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009, dan sukses untuk Pemilu 9 April 2009. Mari bermain fair dan profesional. Anda caleg pemenang, mari kita jalankan apa yang menjadi visi dan misi yang telah kita utarakan dan janjikan kepada masyarakat sebelumnya selama kampanye. Jika jadi caleg yang kalah, jangan langsung down atau stress, ingat ... setiap kompetisi harus ada yang menang dan yang kalah. Mungkin suatu saat kita bisa menjadi pemenang, tidak dalam hal ini, mungkin dalam hal yang lain. Dukung juga mereka yang menang.

Peace....

Anniversary and Birth Day

Monday, March 16, 2009 2 pengkoment...
Anniversary dan Birth Day, apakah kedua hal ini memiliki makna yang sama dan tujuan yang sama atau hanya kata-katanya saja yang beda??? Tapi hal seperti ini pasti dialami dan dilewati setiap orang tentunya, meskipun perayaannya dalam bentuk yang berbeda-beda.Yang pasti ini merupakan hari yang spesial bagi kita masing-masing tentunya.

Orang-orang biasanya akan minta makan-makan atau sejenis makananlah kepada orang yang sedang berulang tahun, dan memang itu sudah kita maklumi. Selain minta makan-makan, yang kedua adalah nanyain apa uda ada cewenya jika masih jomblo atau nanya apa yang dikasi cewenya jika uda ada yang punya. Hhmmm... meman aneh-aneh ajalah bah.

Kalau soal permintaan, otomatis kita akan meminta umur yang panjang dan suskes selalu dalam perkuliahan dan pekerjaan. Just it!!! Kalau yang lain-lainnya menyusul aja di belakang.

Buat semua orang yang sedang merakan ulang tahun pada hari ini, 16 Maret, selamat ya.... karena lumayan banyak juga yang ultah di bulan ini, esp buat kawan-kawan yang ada di Pidel. Buat Frans, Marta yang ada di Pidel slamat Ultah dan untuk kawan ku Maria Tbn, personal Yasop 14, met ultah juga ya kawan. Buat semua kawan-kawan yang ngasih ucapannya, terima kasih banyak ya .... sukses mengiringi kita selalu!!!

Happy Birthday jontri phan!

So today is your birthday
That's what I've been told
What a wonderful birthday
Now you're one more year old
On your cake there'll be candles
All lighted, it's true
While the whole world is singing
Happy Birthday to you ....


From old friends and true,
From good friends and new,
May good luck go with you,
And happiness too.


Kind Regards,

FUPEI.com



Hallo jontri phan,

Kami dari Kaskus - The Largest Indonesian Community mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk anda di hari yang spesial ini!
Semoga panjang umur, sehat dan selalu dilimpahkan rejeki.

Kaskus Network
www.kaskus.us




Penerapan Teknopark

Thursday, March 12, 2009 1 pengkoment...
Teknopark, suatu istilah yang baru saya dengar dan memang baru dengarlah. Istilah ini saya dapatkan kemarin sore, 11 Maret 2009 dari hasil Kuliah Umum yang dibawakan oleh Bapak Eko K.Budiarjo dan Bapak Warsito dari Jakarta mengenai Teknopark Politeknik Inormatrika Del. Beliau adalah salah satu pengajar dari Universitas Indonesia (UI) yang nantinya sebagai panitia persiapan pelaksanaan teknopark di daerah sekitar Pidel.

Meskipun sudah sore dan udah agak lumayan mengantuk, dari sini dapat saya tangkap bahwa teknopark itu adalah penerapan teknologi informasi dalam masyarakat termasuk pemerintahannya dalam menjalankan aktivitas mereka sehari-harinya, sehingga dimungkinkan pengumpulan data yang akurat dan terpusat. Akurat dan terpusat maksudnya disini bahwa setiap kegiatan yang terjadi data yang ada itu dipublish atau dipublikasikan ke masyarakat sehinggga setiap kejadian itu dapat diketahui hasilnya dan kemudahan untuk mendapatkan informasi.

Dalam presentasinya, Pak Eko memberikan contoh beberapa Kabupaten di Indonesia yang telah menerapkan teknologi informasi dalam masyarakatnya dan dalam pemerintahannya. Kabupaten tersebut adalah kabupaten Sragen di Jawa dan Kabupaten Jembrana di Bali. Mengapa mereka berhasil dengan itu???? Yah.. dari hasil penuturan beliau, bahwa suatu negara yang maju itu identik dengan teknologi mereka yang maju. Begitu juga dengan kedua kabupaten tersebut, mereka bisa berhasil adalah karena teknologi informasi yang mereka gunakan. Nah, mengapa mereka bisa berhasil adalah karena dukungan dari pemerintah yang sepenuhnya mendukung penerapan teknologi informasi dalam menjalankan pemerintahannya dan juga di dukung oleh sumber daya manusia sebagai teknisi atau pengembang TI tersebut yang juga adalah dari anak daerah kabupaten tersebut. Jadi, faktor keberhasilannya adalah karena dukungan anak daerah yang ingin memajukan daerahnya dengan menerapkan teknologi informasi dan juga dukungan dari pemerintah setempat, yaitu Bupatinya.

Berbalik ke situ, hal yang serupalah yang ingin di terapkan di kabupaten Tobasa sebagai kabupaten dimana Pidel berada yang didalamnya telah ada sumber daya untuk menerapkan teknologi informasi sebagai media pemerintahan dan menyediakan informasi agar semua masyarakat dapat menjangkaunya dengan mudah tanpa ada yan tertutupi. Mudah-mudahan rencana dari panitia penerapan teknopark ini di kabupaten Tobasa bisa dilakukan dalam waktu dekat, meskipun itu dimulai dengan hal-hal yang kecil dan yang pastinya itu harus melibatkan anak daerah dan semua pihak yang terlibat di dalamnya demi tercapainya Kabupaten Toba Samosir yang berbasis teknologi informasi.

Menurut saya, agar ini bisa diterapkan secara berlanjut seperti yang di Sragen, perlu adanya tim yang khusus untuk menangani ini semua yang nantinya bisa diterapkan dalam teknologi informasi. Jadi nantinya akan ada pusat dari TI yang akan mengolah setiap data dan informasi yang ada, apabila setiap pihak yang ingin mendapatkan data tinggal mengaksesnya melalui suatu media tanpa harus datang ke sumber data. Jadi keakuratan data dan data yang selalu up to date bisa terjaga. Dari pimpinan juga harus demikian, memaksakan (istilah kasarnyalah) semua staff-nya belajar untuk menggunakan komputer sebagai dasar untuk bisa menerapkan IT nantinya. Selain itu, belajar untuk menggunakan service-service yang tersedia di Internet yang mendukung pekerjaan mereka. Maka dengan itu mereka akan paham dengan apa manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi. Ini juga akan didukung dengan adanya pemebelajaran dan penerapan mengenai teknologi informasi di sekolah-sekolah yang juga merupakan bagian dari masyarakat.

Horas Martabe (Marsipature Hutanabe)!!!

Dolok Tolong

Tuesday, March 10, 2009 0 pengkoment...

Mengambil suatu resiko dalam diri kita dalam membuat suatu keputusan dalam diri kita adalah suatu keputusan yang sangat mutakhir menurut saya. Kenapa tidak??? tanpa berani mengambil resiko, mungkin apa yang menjadi keinginan kita akan lumayan agak susah dilakukan. Jadi dalam suatu keputusan dalam diri kita itu harus butuh resiko, baik itu secara langsung maupun tidak. Jadi janganlah kita takut untuk dalam mengambil dan menerima resiko dalam membuat suatu putusan. Itu sangat kita butuhkan, biar makin makin gitu lo.... Tapi itu keputusan jangan terus-terusan membuat resiko yang bisa menghancurkan kitalah, mari kita atur dan buat variasinya.

Pernahkah anda mempunyai pemikiran ketika melihat sesuatu hal di depan mata anda atau di dalam bayangan andalah. Terasa menarik bukan jika kita coba untuk melakukannya, apalagi berhasil melakukan dan menaklukkannya. Inilah dia yang kami lakukan beberapa saat lalu di hari liburan di akhir minggu. Yaitu penaklukan "Dolok Tolong" sebagai dolok alias gunung tertinggi di daerah Tobasa. Gunung ini terletak di daerah Tampahan atau kita akan melewatinya jika kita mau bepergian ke Tarutung.

Anggota yang berjumlah empat orang yang menamakan dirinya "Gang Becak" berhasil menaklukkan Dolok Tolong setelah menempuh perjalanan beberapa jam dari kaki gunung sampai ke puncaknya. Rencana yang sebelumnya akan melewati beberapa rute, ternyata tidak bisa dilakukan karena waktu yang digunakan tidak mencukupi dan waktu yang diperhitungkan sebelumnya ternyata tidak seperti yang diinginkan. Dimana dari perjalanan yang kami lakukan, dibutuhkan sekitar dua sampai tiga jam dengan jalan kaki untuk sampai kepuncak.

Cape memang dan keringat bercucuran, dan itulah namanya berani mengambil resiko. Resiko butuh pengorbanan. Disamping keringat yang bercucuran dibawah terik matahari, kita mendapatkan hal lain yang lebih dari yang telah kita lakukan. Kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sungguh luar biasa dan menakjubkan selama perjalanan ke puncak. Alam danau Toba dan Pulau Samosir beserta deretan Bukit Barisan yang nun jauh didepan mata, membuat rasa lelah yang ada tak terasa. Rumah-rumah, sawah-sawah, jalan-jalan dan segala sesuatu yang ada didepan mata kita dapat kita lihat keseluruhannya tanpa habis-habisnya. Otomatislah ni si tukang jempret beraksi mengambil setiap sudut keindahan alam yang ada tanpa terlewatkan. Ini sebagai bahan pertinggallah alias dokumentasi untk kita.

Dari puncak Dolok Tolong, kita dapat melihat dengan jelas keseluruhan alam Danau Toba dan bahkan hampir keseluruhan daerah Toba Samosir. Dari puncak DT (Dolok Tolong) ini, kota balige terlihat jelas dengan susunan rumah yang berjajar disekitaran jalan yang melewatinya. Ditambah dengan perbukitan dan pantai dari danau toba yang diiringi dengan hamparan sawah nun jauh disana. Yang pasti jika anda melihatnya pasti terkesimalah dan takkan bosan-bosannya. Pokoknya kerenlah.

So... let us go to Dolok Tolong, so you can see panoramic view of lake Toba and Samosir Island and also the part of Tobasa region... You will not regret it....