Hidupku satu bulan ini

Saturday, August 30, 2008 1 pengkoment...
Menjadi manusia merupakan suatu hal yang tak terpungkiri lagi dalam kehidupan ini. Manusia adalah merupakan pelakon utama dalam kehidupan ini. Yah... ada kalanya melakoni dalam hal yang baik dan buruk.
Akhir dari kota hari-hari di kota Medan tercinta ini akan diakhiri dengan hari-hari yang kurang menyenangkan dan dihantui denganhari-hari menunggu sesuatu yang tidk jelas rimbanya. Mungkin ini adalah kata hati akibat ketidak senangan atas hal tersebut.
Mungkin ini merupakan hal yang paling konyol yang saya alami sampai sekarang ini. Mengapa tidak???? Yah .. bayangkanlah anda menunggu sesuatu hal tanpa kunjung tiba dan dengan sesuatu hal yang tak ada artinya. Mungkin kata pepatah, "semakin mudah kita mendapatkan sesuatu hal, maka semakin mudah pula kita akan menyiakan hal tersebut". Mungkin kadang orang sering beranggapan bahwa menunggu itu merupakan hal yang sangat menyebalkan. Saat ini juga saya mau menyatakan itu dengan hal yang paling sangat menyebalkan, betapa tidak??? yah... inilah sekarang yang ada dalam hati ini.
Satu bulan penuh coy tanpa status yang tidak jelas. Semua terasa tak berguna dan sia-sia, padahal ada sesuatu hal lebih berguna dan bermanfaat yang bisa dilakukan pada saat itu, namun itu semuanya itu menjadi sia-sia dan terkendala. Yah.. semua perencanaan untuk satu bulan hancur lebur dan berkeping-keping.
Mungkin inilah yang namanya terjebak dlam lingkaran kehidupan atau lingkran setanlah dibilang. Padahal hal tersebut dapat kita lakukan dan selesaiakan memang dalam beberapa saat saja. Namun, publishingnyalah yang memakan waktu banyak dan sungguh memuakkan.
Saya rasa, seandainya hal tersebut sesuai dengan rencana dan target sebelumnya, pasti itu tidak akan menyiakan semua hal yang terkait. Tenaga, pikiran, materi, mental, pokoknya semuanyalah terbuang dengan sia-sialah. Pret.... itulah yang cocok untuk hal tersebut.
Mungkin hal selepe ini bisa menimbulkan masalah segunung. Mencemarkan nama yang sudah besar dan memulai tajinya, padahal itu hanya karena bagian yang sangat kecil dari hal tersebut. "Karena nila setitik, rusak susu sebelanga".
yah... udalah, apa mau diblang lagi, namanyalah hidup, hidup adalah perjuangan, hidup adalah masalah, hidup adalah perbuatan, hidup adalah untuk hidup, etclah, seperti kata-kata orang dalam mottonya.
Senin mulai dengan hidup barulah, daftar ulang, semester baru, tahun ajaran baru, wajah baru, dan dengan lingkungan yang bentuknya akan baru. Pilih IS, EI, NM???? Kita lihat ajalah tanggal mainnya dan dimana cocoknya.
Semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!!

HUT Proklamasi RI Ke-63

Sunday, August 17, 2008 4 pengkoment...
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta


Begitulah isi teks proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno sebagai presiden RI pertama yang memulai lembaran baru bangsa Indosesia sebagai bangsa Merdeka yang bebas dari penjajahan.
Namun, apakah kebanggaan atas Indonesia merdeka itu dan kecintaan akan bangsa masih melekat di hati kita sekarang ini selaku masyarakat Indonesia yang menjalani umur yang ke-63 ini?
Yah..sangat disayangkan sekali, hal itu makin luntur di era sekarang ini, terbukti dari kurang antusiasnya masyarakat untuk mengikuti perayaan tersebut. Pengibaran bendera di depan rumah penduduk sebagai tanda HUT RI makin jarang dilakukan dan bahkan ada yang sama sekali tidak melakukan dan memperdulikannya. Padahal apalah sulitnya untuk mengibarkan bendera dengan menancapkannya pada sebuah kayu atau entah apalah yang bisa sebagai tempat sang saka untuk berkibar.
Hal yang sangat ironis sekali kita lihat sekarang ini di masa kemerdekaan ini yaitu, ,asih banyknya masyarakat yang belum merdeka, merdeka dari keterpurukan ekonomi, merdeka dari keterbelakangan, merdeka dari kebodohan, merdeka dari mental bangsa yang sekarang ini makin anrkis, dan masih banyaklah segi kehidupan bangsa yang belum merdeka.
Tapi, kapankah kita dan bangsa kita merdeka dari hal-hal tersebut????? itu merupakan pertnyaan yang sangat sulit dijawab namun sangat mudah untuk melakukannya. Kuncinya adalah berawal dari diri kita masing-masing, mari bangkit dan jangan selalu berharap dan ketergantungan akan orang lain maupun mengharapkan belas kasihan dan bantuan dari orang lain. Mari berubah dan mari berpikir bagaimana caranya untuk maju. Ini sesuai dengan tema HUT Proklamasi RI Ke-63 tahun ini, yaitu:
Dengan semangat Prokalamasi 17 Agustus 1945, kita lanjutkan
pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan rakyat, serta kita perkuat
ketahanan nasional meghadapi tantangan global.
Oleh karena itu marilah kita bertindak dan berbuat, jangan hanya berkata dan berbicara, jangan hanya dalam teori, tetapi juga dalam praktek dan implementasi.
Oh ya... bagi tim Indonesia dari cabang bulutangkis, yaitu Markis Kido-Hendra Setiawan yang memberi Indonesia medali emas pertama setelah menundukkan ganda Cina, Cai Yun/Fu Haifeng pada laga final ganda putra sabtu malam kemarin, selamat bagi kalian karena telah memberikan kado kemenangan bagi HUT RI Ke-63. Bagi tim yang lain yang masih mau bertanding, yaitu untuk Nova Widianto/Lilyana Natsir, semangat untuk meraih yang terbaik dan raih medali emas ke dua untuk Indonesia. Bagi Maria Kristin selamat juga buat perolehan medali perunggunya. Dengan demikian kedudukan sementara Indonesia adalah ke-29 dalam Olimpiade Beijing yang sebelumnya berada pada urutan ke -40.
Merdeka!!!!!!!!!

Serba-serbi Olimpiade Beijing 2008

Sunday, August 10, 2008 3 pengkoment...
"Citius, Altius, Fortius", merupakan motto olimpiade yang berarti "Faster, Higher, Stronger".
Olimpiade yang dilaksankan di Beijing untuk tahun ini, 2008 merupakan olimpiade yang ke -29 yang dimulai pada tanggal 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa).
Wah... jadi teringat akan acara di televisi mengenai angka 888 ini yang menjadi fenomena, berbagai hal dilakukan dan kejadian yang terjadi pada saat ini. Ada-ada aja memang dan macam-macam, bayangkan seorang ibu hamil dipaksa harus melahirkan pada hari dan tanggal tersebut. What's up???? Aneh bin ajaib.

back to topic,
dalam pengadaan olimpiade beijing ini juga penuh dengan fenomena yaitu pro dan kontra yaitu mengenai Tibet, yah... sangat disayangkan memang, namun apa boleh dibuat memang sudah harus seperti itu. Dimana ada suatu kejadian, pasti akan selalu ada halangan.

Nah, setelah lihat-lihat di berbagai situs, ada beberapa larangan yang diberlakukan selama pelaksanaan olimpiade olahraga terbesar didunia ini berlangsung, ini memang hal-hal sepele tapi terlalu menggangu sih kayaknya, terutama untuk para penonton. Nih dia dari koraninternet, :

  • Beberapa ketentuan yang dikeluarkan bagi para penonton antara lain penonton dianjurkan untuk datang ke lapangan dua jam sebelum pertandingan dimulai untuk melewati sejumlah pemeriksaan di pintu-pintu masuk lapangan.
Bagus nih, baiar penontonnya disiplin, biar ga ambur adul dan ga terjadi keributanlah, seperti rebutan tempat duduk, kehabisan tempat duduk dan macam-macamlah. Kalo untuk yang kuliah atau sekolah ini berlaku juga kayaknya atau untuk menghadiri suatu acara, tapi disana ga perlulah sampai dua jam datangnya, cukup sepuluh menit ajalah sudah hadir ditempat sebelum acara dimulai atau perkuliahan.:)
  • "Semua lapangan dan gedung pertandingan sudah dibuka dua jam sebelum pertandingan dimulai,"
Memang udah harus dibukalah dan harus seperti itu, penonton aja dibilang sudah harus datang dua jam sebelum pertandingan dimulai.:-D
  • Sejumlah larangan yang diterapkan oleh BOCOG, antara lain penonton dilarang membawa makanan dan minuman atau keduanya, baik di dalam botol keras maupun botol lunak (plastik tipis).
Yah.. kasihan kali ya.... ga bisa makan-makan, padahal makan sambil nontonlah enak makan-makannya. Biar ga dilemparilah pemainnya mungkin dan biar ga kotor!!!
  • Penonton juga dilarang membawa alat-alat musik, seperti drum dan gong, terompet, serta peluit, juga membawa benda-benda yang dapat merusak, serta membawa tas berukuran besar.
Bah... berarti pertandingannya sunyi senyaplah ya..... kalo jarum jatuh pasti kedengaran.
  • Ia mengatakan pula, para penonton dilarang membawa bendera atau spanduk yang berukuran lebih dari 2 meter x 1 meter, poster, brosur, atau slogan-slogan.
Jelaslah..biar ga makan tempat, itukan dibayar juga dan ada pajaknya.
  • Ditambahkan, penonton juga dilarang membawa perlengkapan rekaman video profesional yang tidak memiliki izin, pisau, payung berukuran panjang, tongkat, tripod kamera, serta benda-benda lain yang bisa melukai penonton.
Iyalah... pantaslah itu, apalagi yang namanya pisau, bisa-bisa kena potong nanti dan membahayakan keamanan...
  • "Selain itu juga dilarang membawa senter, korek api, atau alat penerang lainnya, juga binatang khususnya anjing. Anjing yang bertugas sebagai pemandu bagi orang buta mendapat pengecualian," katanya.
Jelaslahh, buat apa bawa senter sama korek api, kan terangnya... Bawa binatang??? yah... ga tahulah...
  • Larangan juga berlaku bagi seluruh perlengkapan elektronika yang dapat mengganggu sistem komunikasi perlengkapan elektronika panitia Olimpiade, seperti handy talky dan radio.
Maksudnya barangkali biar ga berisik...
  • Petasan, kembang api, amunisi, berbagai jenis senjata dan alat-alat yang mudah terbakar dan meledak juga dilarang dibawa ke lapangan. Bahkan benda-benda tersebut juga dilarang sesuai undang-undang China," katanya.
Betul...ini harus sangat diperhatikan, kalo di tempat kami bawa petasan atau kembang api kok bisa ya???
  • Sementara sikap penonton yang dilarang antara lain membuka payung ketika berada di tempat duduk sedang menyaksikan pertandingan dan berdiri untuk waktu lama tidak ditempatnya sehingga mengganggu pemandangan penonton lain yang duduk.
Jadi kepanasan deh...serba salah juga ya...terpaksa dipanggang matahari.... berarti disini ga bisa egois....
Susah juga ya kalo pergi ikut nonton, lebih baik nonton dari TV aja ah... atau melalui Internet yaitu dari youtube, untuk update informasi secara langsung yaitu dari Offisial Website Olimpiade Beijing 2008, atau dari nbcolympics yang merupakan summer dari olimpiade 2008, dari sport yahoo, dan macam-macamlah.

Sementara perolehan medali terbanyak masih dipegang oleh USA, menyusul tuan rumah China, disusul Korea, Rusia, dan Ceko kalau ga salah. Untuk dari negara kita, INA, kayaknya belum ada satupun medal yang diperoleh. Moga-moga dari sisa pertandingan yang ada tim dari INA memperoleh medal yang bisa nantinya dibanggakan.

Yah.. sukseslah untuk olimpiade beijing sesuai dengan motto mereka yaitu one wold one dream. Tapi dibalik pencapaian itu, justru trjadi masalah besar, yaitu perang antara Rusia dan Georgia, sungguh disayangkan sekali. Padahal kedua negara tersebut mengirimkan kontingennya untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Beijing 2008.

Google vs Cuil

Monday, August 04, 2008 12 pengkoment...
Yah... berpikir juga aku ngasih buat postingan, solanya pikiran ni lagi buntu, lagi hang.... bayangkan ga ada kerjaan pasca magang kemarin. Yah.. setelah mikir-mikir dan mikir-mikir dan setelah beberapa saat blog walking, kebetulan aku baca postingan dari bro the gands mengenai Blogger vs Wordpress, yah.. menarik juga itu topik pikirku dan juga dapat informasi bahwa di google itu juga tersedia layanan untuk membandingkan beberapa hal atau suatu hal yaitu dari google trend, mantaps pikirku...dapat informasi tambahan ni. Tapi apapun itu, saya tetap prefer to Blogger, yah... karena saya suka....


Udah agak lama juga aku mau buat postingan ini, kalau disana dibuat perbandingan antara blogger dengan wordpress, nah ini dia yang seru. Bagaimana kalau Google dibandingkan dengan si Cuil yang konon katanya juga saudara Google. Google dapat saingan baru, kita lihatlah nantinya ke depan, apakah itu akan terlaksana atau tidak.

Dalam waktu dekat, mesin pencari Google akan mendapat pesaing baru yang diklaim memberikan hasil pencarian lebih baik. Mesin pencari tersebut bernama Cuil, ucapkan seperti Anda membaca kata cool (dingin).

Cuil dikembangkan Anna Patterson, mantan insinyur Google yang keluar tahun 2006. Anna adalah pengembang teknologi pencarian yang dibeli Google tahun 2004 untuk meningkatkan kualitas pencariannya. Ia sangat yakin teknologi terbaru yang dipakainya dalam Cuil lebih baik dari yang pernah dikembangkannya untuk Google.

Begitulah kutipan yang dibuat di harian kompas, 28 Juli kemarin. Lumayan seru juga ya... google ditantang oleh pesaing baru yang bernama si Cuil, apalagi dia juga adalah saudara Google juga.

Penuturan dari pembuat si Cuil yaitu
Anna Patterson, mantan insinyur Google yang keluar tahun 2006, mengatakan bahwa:

Hasil pencarian Cuil akan ditampilkan lebih menarik dengan format seperti majalah, berikut foto dan link yang berkaitan, dan tidak hanya baris teks seperti Google. Metode pemeringkatan data hasil pencarian juag berbeda dengan Google karena Cuil akan memilih berdasarkan konten yang paling aktual. Selain itu, Cuil menjanjikan keamanan privasi dengan tidak menyimpan data-data penggunanya.
Setelah dicoba memang seperti itulah, ada gambar-gambarnya dan apakah itu akan menjadi daya tarik dari si Cuil nantinya dan bisa menarik perhatian dari para penggunanya, kita saksikanlah ke depannya.
Oh ya... kalo bisa silahkan dicoba Cuilnya....dan fitur yang disediakan meneik juga....dan saya rasa itu nantinya menjadi salah satu daya tariknya.