Setelah

Friday, November 30, 2007 0 pengkoment...
Pada hari ini telah dikeluarkan dan ditempelkan hasil keseluruhan dari Ujian Tengah Semester (UTS) yang dilangsungkan dua minggu yang lalu. Memang kalau dipikir-pikir kayaknya hal itu suatu merupakan cambuk bagi kita. Soalnya kalau dilihat dari rata-rata, memang agak kurang mantaplah tahe. Setidaknya kita bisa rata-rata tujuh puluhan lah.

Setelah melihat pengumuman itu yang ditempelkan didepan administrasi, memang perasaan ini agak bangga sikit, ga pala banyak. Soalnya itu masih jauh menurut saya. Belum mencapai target yang saya buat sebelumnya. Ini memang kesalhan saya sendiri, ga mungkin ini merupakan kesalahan orang lain. Aku kurang dibeberapa mata pelajaran, sehingga hasil dari rata-ratanya langsung turun. Memang kalau dihitung-hitung, 0.01 aja untuk nilai tersebut akan sangat berarti. Kita akan berpikir-pikir seandainya aku dapat nilai sekian bukan sekian, maka hasil yang kudapatkan dan rata-ratanya tidak akan seperti ini.

Memang konyol juga terasa ya..... menyesali suatu hal yang tak bisa lagi dipungkiri. Ya.... memang mau dibilang apa lagi, sudah seperti sifat manusia. Penyesalan akan selalu datang belakangan.

Ya.. sudah, itu masih setengah semester masih, hayo... masih ada setengah semester lagi. Kamu harus belajar lebih giat, lebih semangat, dan berikan yang lebih baik lagi.

Ayo.... semangat coy.......!!!!

8 Ways For A Programmer To Stay Sane

Wednesday, November 28, 2007 0 pengkoment...
By David Walsh

Being a web programmer is hard work. Long hours, coupled with the fact that we're presented with nothing but problems, can make our job unbearable. Not to mention deadlines and unreasonable customers. Oh, and the fact that we're all casualties of the never-ending browser wars.

So why do we do what we do? We love programming. We love creating functional, virtual worlds where people can get information, post pictures, and meet people. We love taking a given set of rules and bending them to their limits. We love that we can post a collection of code that can some day be a money-making powerhouse like Facebook or Digg.

With all of the rewards that come from being a programmer, the job can still be overwhelming. Dealing with the stress that our job creates is an important skill. I've compiled a list of ways for you, as a programmer, to keep your sanity.

Know When to Step Away
Programmers, in general, are obsessive, detailed-oriented people. We don't like admitting defeat and we tend to not step away when we are frustrated. The best thing to do when you've spent a long period of time working on one problem is to step away. Clear your mind. Take a walk. Come back to your desk when you've cooled down.

Go Out For Lunch…
I used to eat lunch at my computer every day — I'd check out my favorite websites and send a few personal emails. Once more and more customers knew me, I'd get inundated with phone call after phone call during lunch and soon I didn't have ANY time during the day to myself. Don't let your lunch hour become another hour of work! Get away from your desk for lunch!

…But Eat Healthy
A healthy body is a healthy mind. It's much easier to grab a quick donut or candy bar when at the desk, but take a quick break and eat something healthy. Try a small salad, a granola bar, or good old peanut butter and jelly sandwich. Eating poorly can make a person feel weighed down or even depressed (I tell my coworkers that my self-esteem is low when I eat at McDonald's). I suggest eating a healthy sub sandwich — it will fill you up, give you the nutrients you need, and not make you feel tired or ill.

Ignore Your Home Computer
After a frustrating day at work, stay off of your home computer — your personal programming can wait another day. Your personal programming could become more frustrating than your work problems, and that's not what you need. Let it go for the night.

Get Another Non-Tech Hobby / Exercise
Having passions other than computer-related hobbies is ideal. Performing physical activities is even better, as it will help you stay in shape. Too often I hear other programmers speak about nothing but computer-related topics — get out of the programming world once in a while! Find another hobby! Learn how to cook. Start playing chess. Do puzzles. Play soccer.

Spend Time with Friends
Friends are generally low maintenance and have interests other than computer-related topics. Schedule a weekend event with your friends. Get together for a barbecue, go to a movie, play video games, go to the football game, or have a night out on the town. Instant messaging your buddies doesn't count!

Take Your Vacation
When things get tough at work, don't be afraid to use your vacation — it could save you from outright quitting when work is overbearing. You don't have to go on an exotic vacation or a cruise; hell, stay home if you want. The point of the vacation is to focus on not working.

Know If Programming Isn't Right for You
If you're losing your mind on a consistent basis and your job is affecting your family, health, or sanity, it may be time to stop. There are other jobs out there — maybe you'd be better off with another career. Just know that programming isn't everything and you don't have to suffer because of your job.

Dealing with the stress of programming is a very important skill. How do you deal with stress at work?

Until next time,
David Walsh
davidwalsh.name

Perpisahan dengan sang Pemimpin

Tuesday, November 27, 2007 0 pengkoment...
Hari ini merupakan hari perpisahan kami dengan Bapak tercinta Bapak Saswinadi Sasmojo. Beliau adalah Direktur yang ketika di Politeknik Informatika Del. Dia telah menjabat tugasnya tersebut dan mengabdi kepada Pidel selama kurang lebih dari tiga setengah tahun. Banyak hal yang bisa kami dapatkan dari beliau selama dia menjadi pemimpin di kampus kami. Dia itu orangnya tegas, punya prinsip, baik, terbuka, pokoknya baguslah lah dan banyak hal yang bisa kita dapatkan dari beliau.

Beliau akan menjalani tugas selanjutnya yang menurut kabar dia akan menjalankan tugas nya yang lebih berat lagi, yaitu dia akan memimpin dari ITD (Institut Teknologi Del) yang sebentar lagi akan dibuka dan telah diresmikan pendiriannya oleh Pak SBY pada bulan Desember 2005 kemarin.

Beliau akan digantikan oleh Ibu Ingriani Liem yang juga sebagai sosok pemimpin yang baik dan tangguh. Dia telah banyak turut campur dan berkontribusi mulai dari berdirinya Pidel ini. Dia akan mengemban tugasnya yang baru, dan akan sanagt berat saya rasa untuk beliau, karena dia harus menjalankan dan meneruskan semua hal-hal yang telah dibuat oleh Pak SAS sebelumnya.
Dan saya juga sangat bangga bisa bertemu dengan seorang sosok Pak SAS, saya juga bisa bangga dia menjadi dosen penguji kami dulunya sewaktu kami mengahadapi seminar Proyek Akhir 1. Dari situ bisa saya ambila banyak pelajaran. Satu hal lagi yang bisa saya lihat sehingga saya bisa lebih mengenal sosok pribadi Pak SAS adalah, sewaktu malam mau diadakan Wisuda Mahasiswa Pidel angkatan 2004. Kebetulan pada malam itu kami ikut membantu para Dosen membuat buku wisuda dan samapi larut malam saya rasa. Tetapi meskipun sudah larut malam itu, Pak SAS juga ikut serta dalam hal itu. Dia tidak mau lepas tanggungjawab dan harus memeriksa semau persiapan yang ada meskipun disitu sudah banyak Dosen yang turut serta. Tetap saja di aikut turun tangan dan saya sendiri merasakannya. Saya diajari bagaimana caranya itu menghekter itu buku wisuda agar rapi dan mudah. Pokoknya salut deh bagi Pak SAS.

namun iti akan berakhir dengan perpisahan yang kami lakukan tadi, mulai dari pukul empat sore sampai setengah sembilan malam. Semua merasa kehilangan Pak SAS, tidak mahasiswa, dosen, staff, karyawan, pokoknya semualah. Memang Pak SAS ini benar-benar seseorang yang menjadi panutan bagi yang lainnya.

bagi Pak SAS, saya ucapkan selamat melanjutkan karirnya yang selanjutnya. Meskipun kita berpisah namun apa yang telah bapak berikan kepada kami pasti kami akan ingat selalu. Dan benih yang baik yang diberikan oleh sang pemimipin pasti akan tumbuh dan akan selalu diingat oleh kami.

Good Pak SAS....
See You....

Seng lagi

Monday, November 26, 2007 0 pengkoment...
Mari bertempur......
Besok Presentasi Proyek SENG tercinta......
Besok akan merupakan suatu hari yang sangat melelahkan.....
So...
Show your best...
mari kawan kita melepaskan diri dari belenggu si Proyek ini.....

Let's go..
We wait what will happen tomorrow!!
Toe tapanotnotima...

Keluhan hati

0 pengkoment...
Mengapa jadinya begini.
Padahal kau telah berusaha keras dengan semampuku.
Tapi, aku tak tahu kenapa begini jadinya.
Semuanya berubah.
Berubah dari yang kuinginkan.
Hal yang kuinginkan dulu, dan yang aku inginkan kini,
Sangat berbeda.
Kucoba berusaha dan berusaha,
Mengejar ketertinggalan itu,
Namun..... apa daya...
Aku tak sanggup...
Aku tak mampu....
Aku tak bisa bersaing lagi....
Kini.....
Aku kebanyakan mengharapkan orang lain...
Apa ini adalah suatu pertanda bagiku....
Suatu teguran dari Yang Kuasa..?
Mungkin... mungkin saja itu suatu pertanda gumamku.
Ah.... sudahlah...
Cobalah berubah kawan,
Jangan putus asa, coba lagi dan coba...
Loe pastii bisa.
Dan ingat akan Yang Kuasa,
Berikan waktumu barang sedeetik untuk-Nya.
dan jangan terlalu lalai,
Dan ketahuilah....
Semua masalah pasti ada jalan keluarnya,
tak sekarang mungkin nanti...
Cepat atau lambat...
Sabar....

Just kidding....

Sunday, November 25, 2007 0 pengkoment...
Sial... Barusan gue ketelodoran..
emangnya napa..
Gue uda buat cerurita satu halaman penuh.. eh...tiba-tiba pada hilang...sial gue...
hilangnya gimana...
ya...tiba-tiba muncul message saat gue asyik-asyiknya ngetik ceritanya.Dan asal loe tahu ya...gue hampir nyiapkanceritanya.
Emangya loe buat ceritnya dimana sih..
Di Internet.
Emang bisa.. ya..
Ya.. bisalah.. loe ni kenapa sih..
baru tahu ni...
Oo..ga apalah, orang purba susah di ajak ngomong...
Loe ngejek gua ya..
Gngggaa...
lalu napa...
gue tadi yang matikan listrik dirumah...habis loe ga lihat tadi apa..
Apa ???
Tu setrika loe uda pada berasap tadi...
Aduh mati gua...
Sorilah ya...
Sori-sori..payah loe..
Just kidding kawan.

mantap juga kita ya bersandiwara..

Pembaca: angka apa ni.. gua ga ngerti ....

Azumi

Saturday, November 24, 2007 0 pengkoment...

Azumi......
I like that film.......
Yeah.....Waktu gue nonton film ini....

Gue salut banget sama tali persahabatan dari mereka. Bayangkan mereka disuruh untuk membunuh dan melawan oarng yang paling dekat dengan mereka. Semula mereka ada sebanyak 10 orang, tetapi mereka punya misi dan yang dibutuhkan hanya 5 orang saja. Oleh karena itu 5 orang dari mereka harus mati dan harus antara mereka yang harus saling membunuh.

Wah... pokonya ngeri kali lah bah....Terjadi pembantaian disana sini, dan akhirnya dari meeka yang tinggal lima itu melakukan misi dan berhasil membunuh pertama kali dari orang yang plaing dicari karena menyebabkan terjadinya peperangan di daerah mereka. tetapi misi mereka kedua gagal, karena mereka ditipu, dan dari sisnilah awal dari satu persatu dari mereka dikejar dan dibunuh. Dan yang tinggal hanya satu ornag saja pada akirnya yaitu Azumi.
Maka Azumi dengan sendirinya dan penuh dengan kerja keras, akhirnya berhasil membunuh ornag kedua dalam misi mereka pas di tengah lautan.

Namun film ini masih ada sambungannya, kaena pas endingnya, Azumi berkata bahwa mereka masih punya misi yaitu membunuh the next target, gue lupa siap namanya.
Pokoknya aku suka kali dengan film ini, uda si Azumi cantik, cerdas, pandai berkelahi, mainkan samurainya, periang, ya... manataplah...

Nice....
Tapi yang paling kau suka dari film ini adalah yang pas pertama-tamanya. Mereka diberi sutau pemilihan yang sangat sulit untuk dilakukan, emnyakiti dan mharus membunuh orang yang paling dekat dengan merekka demi suatu misi yang belum mereka tahu....

Waktumu

0 pengkoment...
Atur waktumu
Jadikan suatu target
Dan jangan selalu mengulur waktu
Kerjakanlah apa yang bisa kau kerjakan saat ini

Semua ada waktunya
Di saat kau belajar
Belajarlah yang serius
Tapi jangan terlalu kau paksakan
Kau butuh hiburan
Dan hiburlah dirimu
Di saat kau merasa perlu suatu hiburan
Banyak hal yang bisa kau lakukan untuk yang satu ini

So...
Gunakanlah waktumu untuk saatnya
Dan lakukanlah itu pada saatnya juga
Dan jangan terlalu memaksakan diri

Time Is Money
Salam....

Be Your Self

Friday, November 23, 2007 0 pengkoment...
Just....said somethings......
Jangan pernah merasa menyesal terhadap apa yang menurut anda perbuat benar.
Jadilah dirimu sendiri......
Jangan engakau terlalu memperhatikan orang lain...
Sebab pemikiran orang lain dan kemampuannya berbeda denganmu.

Apabila temanmu tidur-tidut saja waktu dan mendapatkan nilai yang baik waktu ujian, padahal anda sudah belajar mati-matian untuk menghadapi ujian itu, tapi hasil yang anda dapatkan masih sangat jauh dari apa yang kita harapkan.

Menghadapi persoalan seperti inilah yang kadang sulit bisa diterima seseorang, dia akan merasa kurang menjadi be yourself dan akan cenderung mau meniru tingkah laku dari kawannya itu. Inilah suatu hal yang perlu dia sadari bahwa pola pemikirannya dengan kwannya itu berbeda dengan pemikirannya, mungkin saja sang kawan bisa mengerti permasalahan yang disuguhkan dalam ujian dan dia mengerti apa yang diterangkan oleh guru atau dosen sewaktu dikelas....Padahal kita masih memulai dari awal dan menghafal dan mempelajari permasalhan itu dari awalnya dan itu pun kita lakukan mungkin dalam waktu satu malam yang disebut dengan SKS, tapi tiba dikasih persoalan kita tidak mengerti persoalan itu dan buyar semua apa yang kita hafal semalam.

Disinilah pemikiran yang sanagt diperlukan, bayangkan daya tampung otak kita seberapa besar rupanay kapasitas dan memorinya.
Disinilah kita juga mengetahui bahwa ada kalanya kita memahami apa yang kita baca dan jangan asal menghafalnya saja dan tidak mengerti apa yang kita hafal itu.
Ingat menghafal itu hanya seketika, tetapi bila mengerti persoalan itu maka kita akan mengingat selamanya dan melekat dalam otak kita.

Dari sini juag kiat perlu menjadi lebih menjadi diri sendiri, boleh memang meniru orang lain, tetapi jangan terlalu....dan ingat bahwa apa yang anda dapatkan dari usaha anda sendiri lebih berharga daripada yang diberikan dan dibantu oleh orang lain. Meskipun itu dalam sekecil apa pun.

So.....
Be........
Your.......
Self.............

Why....

0 pengkoment...
Gue agak sebal juga beberapa saat ini...
Why.....
Susah kali buka google dari LK nih....
Pertama-tama sih masih bisa buka halaman awalnya.....
Tibalah kita mau login ke gmail....
Wah... barlinglah semuanya.....ga tau kenapa....
Apalagi mau buka blogspot aja kita ga bisa......
Eh.... error yang dimunculkan.....
Problem Loading katanya....
kita pun aga kurang apalah....
Soalnya dengan ini kita bisa mencurahkan...
Segala keluh kesah kita yang bisa nantinya kita terus ingat...
TApi ga apalah..
Yang penting semangat terus.....
And Never Give Up....

You Can Not Win.......
If Do Not Begin.....

I like that words...

Pemaparan Misi dan Visi

Wednesday, November 21, 2007 0 pengkoment...
Malam ini tepat tanggal 21 November 2007 di kampus kami diadakan pemaparan Visi dan Misi untuk calon ketua dan wakil ketua BPHKM 2007/2008.

Acara ini dimulai pukul 08.00 PM sampai dengan selesai. Acara ini akan wajib dihadiri oleh mahasiswa PIDEL dan juga undangan dari Dosen dan Staf.

Calon yang ada cuma satu pasang saja, dan mengenai pemungutan suara tidak jadi dilakukan, karena itu terasa pemborosan saja, oleh karena itu langsung saja dilakukan pelantikan.

Tapi sebelum pelantikan, biasanya dilakukan pemaparan Visi dan Misi dan sekaligus diadakan sesi tanya jawab anatara calon dan mahasiswa serta terhadap dosen dan staff.

Acara ini dilaksanakan oleh suatu panitia yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pidel 2007.
Selamat saya ucapkan kepada calon, semoga mereka bisa mengabdikan diri dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya nantinya.

Good Luck BPHKM 2007/2008....!
Peace....!

Perjuangan pun dimulai lagi......

Sunday, November 18, 2007 0 pengkoment...
Separoh semester sudah terlewati....
Dan separohnya pun akan datang lagi......
Besok adalah langkah untuk hal ini......
Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari...
Apakah makin berat....
Atau makin mudah....
Ya...
Tidak tahulah aku...
Yang pasti menurutku....
Belajar itu ibarat sebuah permainan....
Semakin naik levelnya....
Semakin susah berbagai hal yang dihadapi......
Begitu juga dengan belajar.....
Semakin kita naik ke tingkat yang lebih tinggi .....
Mungkin hal yang kita hadapi pun akan semakin rumit kelihatannya....
Tapi kalu kita mampu menghadapi itu semuanya....
Kesulitan itu tak ada duanya.....
Semuanya aka terasa biasa-biasa saja.
Mari kita awali lagi ....
Perjuangan kita selanjutanya.....
dan berusaha yang lebih baik....
Dari waktu-waktu sebelumnya.

Spirit......!!!!




Program Open Source

Saturday, November 17, 2007 0 pengkoment...
Hari ini selama satu harian penuh gue ikut ngawas pelatihan guru-guru dan siswa-siswi se-Tobasa yang diselenggarakan di Kampus Politeknik Informatika Del. Acara ini adalah program kerja dari IGOS (Indonesia Go Open Source) yang didukung oleh MenRistek.
Acara itu berlangsung selama dua hari yang diikuti sebanyak 200 orang peserta. Acara itu dimulai pada hari Jumat kemarin dan diakhiri tadi sore.

Acara pelatihan ini bertujuan untukk mengenalkan kepada masyarakat terutama untuk guru-guru dan siswa-siswi yang ada di Tobasa mengenai Open Source. Dan yang digunakan dalam Training ini sebagai SOnya adalah Edubuntu.

Open Source maksudnya bahwa aplikasi itu bisa didistribusikan dan dikembangkan oleh siapa pun. Disini juga dikenalkan kepada mereka bahwa tidak hanya Windows saja ada yang ada di kenal mereka selama ini, tetapi ada juga Linux sama seperti Windows.

Selama pelatihan ini semuanya serius mengikutinya. Namun ada satu hal yang menjadi masalah, yaitu karena menggunkan LiveCD, ya... otomatis cukup lumayan lambatlah untuk beberapa bagian komputer karena resourcesnya kurang. Tapi iti bukan merupakan suatu hambatan bagi mereka untuk lebih mengenal apa itu open source.

Pada hari pertama mereka dikenalkan feature-feature yang ada di Edubuntu, pengenalan Dekstop, LoggOff/Shutdown, Membuat dan hapus file, pengenalan kepada open office.org, pegelola gambar yang ada di Edubuntu (namanya GIMB sedangkan untuk Windows ini dikenal dengan Adobe Photoshop), pengenalan aplikasi Edukasi yang ada di Edubuntu, video, Game dan sbgnya.

Pada akhir program para peserta diminta pesan dan kesannya selama training berlangsung yang dituliskan pada lembaran karton yang khusus dibuat panitia.
Selamat untuk OpenSource yang akan bisa menyaingi Windows.....

Abraham Lincoln

0 pengkoment...
Habis siap ujian kemarin sore gua baca-baca buku di perpustakaan.
Ya... cari kesibukanlah, soalnya uda pada suntuk nih... gara-gara UTS yang satu minggu ni.
Disana kebetulan saya melihat buku mengenai sejarah hidup Abraham Lincoln presiden AS yang ke -16.
Pertama-tama gue agak malas juga sih bacanya, tapi gara-gara bukunya itu bentuknya dalam bentuk komik, tertarik juga aku bacanya. Setelah saya baca keseluruhannya, wah... seru dan tragis juga kehidupan Abraham Lincoln ini.
Memang saya uda sering dengar bahwa Pres. AS yang ke 16 ini mati ditembak. Tapi baru tadilah aku bisa baca lengkap sejarah hidupnya dan sangat menyentuh sekali kehidupan yang dia jalani dan apa penyebab makanya dia ditembak.

Dia seorang anak yang rajin, suka menolong, kuat, perhatian, rajin, dan wawasannya luas. Dia berasal dari keluarga petani dan tempat tinggalnya sering berpindah-pindah karena alasan kehidupan. Yang paling saya salut adalah bahwa dia berusaha untuk mengahpuskan perbudakan di daerah Amerika dan mencegah perpecahann yang terjadi di Amerika. Beliaulah yang membuat orang kulit hitam diakuai di AS dan dibebaskan dari perbudakan.

Berikut adalah Biography hidupnya:

Abraham Lincoln

Lincoln warned the South in his Inaugural Address: "In your hands, my dissatisfied fellow countrymen, and not in mine, is the momentous issue of civil war. The government will not assail you.... You have no oath registered in Heaven to destroy the government, while I shall have the most solemn one to preserve, protect and defend it."

Lincoln thought secession illegal, and was willing to use force to defend Federal law and the Union. When Confederate batteries fired on Fort Sumter and forced its surrender, he called on the states for 75,000 volunteers. Four more slave states joined the Confederacy but four remained within the Union. The Civil War had begun.

The son of a Kentucky frontiersman, Lincoln had to struggle for a living and for learning. Five months before receiving his party's nomination for President, he sketched his life:

"I was born Feb. 12, 1809, in Hardin County, Kentucky. My parents were both born in Virginia, of undistinguished families--second families, perhaps I should say. My mother, who died in my tenth year, was of a family of the name of Hanks.... My father ... removed from Kentucky to ... Indiana, in my eighth year.... It was a wild region, with many bears and other wild animals still in the woods. There I grew up.... Of course when I came of age I did not know much. Still somehow, I could read, write, and cipher ... but that was all."

Lincoln made extraordinary efforts to attain knowledge while working on a farm, splitting rails for fences, and keeping store at New Salem, Illinois. He was a captain in the Black Hawk War, spent eight years in the Illinois legislature, and rode the circuit of courts for many years. His law partner said of him, "His ambition was a little engine that knew no rest."

He married Mary Todd, and they had four boys, only one of whom lived to maturity. In 1858 Lincoln ran against Stephen A. Douglas for Senator. He lost the election, but in debating with Douglas he gained a national reputation that won him the Republican nomination for President in 1860.

As President, he built the Republican Party into a strong national organization. Further, he rallied most of the northern Democrats to the Union cause. On January 1, 1863, he issued the Emancipation Proclamation that declared forever free those slaves within the Confederacy.

Lincoln never let the world forget that the Civil War involved an even larger issue. This he stated most movingly in dedicating the military cemetery at Gettysburg: "that we here highly resolve that these dead shall not have died in vain--that this nation, under God, shall have a new birth of freedom--and that government of the people, by the people, for the people, shall not perish from the earth."

Lincoln won re-election in 1864, as Union military triumphs heralded an end to the war. In his planning for peace, the President was flexible and generous, encouraging Southerners to lay down their arms and join speedily in reunion.

The spirit that guided him was clearly that of his Second Inaugural Address, now inscribed on one wall of the Lincoln Memorial in Washington, D. C.: "With malice toward none; with charity for all; with firmness in the right, as God gives us to see the right, let us strive on to finish the work we are in; to bind up the nation's wounds.... "

On Good Friday, April 14, 1865, Lincoln was assassinated at Ford's Theatre in Washington by John Wilkes Booth, an actor, who somehow thought he was helping the South. The opposite was the result, for with Lincoln's death, the possibility of peace with magnanimity died.

Taken from http://www.whitehouse.gov

Ujian terakhir...

Friday, November 16, 2007 0 pengkoment...
Ternyata siap juga bah UTS yang berlangsung selama lima hari ini.
Ujian terakhir yang dilangsungkan adalah Religion and Ethnics yang berlangsung pada siang hari setelah selesai makan siang.

Pada ujian terakhir ini lumayan mengasyikkan juga. Pertanyaan yang diujikan sebanyak 5 soal dan waktu yang dikasih selama 120 menit. Tetapi belum ujiannya berlangsung separuh waktu yang disiapkan. Wah.... uda pada ada yang siap dan mengumpulkan kertas jawabannya.
Hebat kali pikirku.....!
Kayaknya setiap orang belomba untuk siap dan yang mengakibatkan hal ini juga adalah karena materi ujiannya ini sudah dikasih dulunya untuk dikerjakan sebelum UTS berlangsung.
Dan soal ujiannya itu berasal dari situ. Ya... siapa yang baca materinya dan hafal semua jawabannya ya..... otomatislah bisa ngejawabnya and cepat ngumpulnya....

Pokoknya ujian terakhir ini lumayan menyenangkanlah, apalagi ini merupakan hari terkahir tuk UTS-nya, ditambah lagi besok harinya libur.... Mantap deh....

Hasil

Thursday, November 15, 2007 0 pengkoment...
Ternyata lewat juga yang namanya ujian dan tantangan yang harus dihadapi selama satu minggu ini. Namun ada satu lagi, yaitu RE (Religion and Ethnics). Ya... gimanalah mau dibilang, agak santailah keadaannya dari yang sebelumnya. Soalnya cuma satu pelajaran saja dan waktu ujiannya pada siang hari, so masih ad waktu luang dong... besok harinya dan untuk malam ini.

Selama ujian berlangsung, memang penuh dengan perjuangan.
Tiap mata pelajaan yang dihadapi pasti berbedalah situasi yang dihadapi pula.
Hal ini diakibatkan setiap mata pelajaran itu berbeda-beda tingkat kesulitannya dan bentuk soalnya. Mata kuliah yang diujiakan kepada kami ada 7 mata pelajaran.

Mata pelajaran tersebut adalah:
OOP (Object Oriented Programming)
IIS (Intoduction to Information System)
SE (Software Engineering)
DP (Data Processing)
ENG III (English Language III)
CN (Computer Network)
RE (Religion and Ethnics)

Persiapan untuk mengahadapi yang namanya ujian itu adalah suatu hal yang sangat penting diperhatikan. Mental dan Kesehatan itulah suatu hal yang paling menurut saya dari antara hal-hal yang ada.
Setiap orang pasti berbeda kemampuannya dalam menghadapi suatu hal, ada orang itu yang biasa-biasa saja, serius, santai, pokoknya macam-macamlah. Adakalanya kita sudah berusaha dengan semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik, namun hasil yang kita harapkan kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
Mungkin hal seperti inilah yang dihadapi banyak orang saat ini, termasuk saya sendiri.
Namun apapun hasilnya, kita tinggal melihat saja, yang pasti kita telah memberikan yang terbaik.

Dag...dig...dug....

Sunday, November 11, 2007 0 pengkoment...
Jantung inipun....
Mulai dag...dig...dug...
Menanti ujian yang akan..
Yang akan nongol di besok hari....
Ayo semangat jadi kan yang terbaik...
Dan berusaha keras...
dan yakin bahwa engkau mampu...
Berusahalh semaksimal mungkin...
Buatlah patokanmu.....
>= B......
().................................()
kalo ga jangan ada penyesalan....
Itulah patokanku sekarang ini......

Bersiaplah....

Saturday, November 10, 2007 0 pengkoment...
Bersiaplah untuk jadi pemenang ...
Begitulah yang dikatakan sebagian lagu dari Sheila on7.
Satu hari lagi aku akan menghadapi yang namanya UTS (Ujian TEngah Semester).
Ujian permulaan akan dimulai dengan mata pelajaran pemrograman JAVA.
Ya.... bahasa ini merupakan bahasa yang object oriented. Semuanya didasarkan atas objek katanya.
Hayo..... serbu......
Mari maju bersama dan kita tunjukkan semangat juang.....
Kebetulan hari ini... hari Pahlawan....
Tanggal 10 November 2007...
Mari kita tiru semangat dari para pahlawan kita yang memperjuangkan untuk merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan kita ini.... Negara Republik Indonesia......
Jadilah pemenang.....


Pemenang

Tiba saat kita bangkit
Berlari ke pentas dunia
Batuh dan jatuh itu
Hal yg biasa terjadi

Bersiaplah, bersiaplah

Tanpa pandang warna kulit
Atau belahan dunia
Semua punya kesempatan
Lakukan yang terbaik

Bersiaplah, bersiaplah
Berjuang tuk menjadi pemenang
Bersiaplah, bersiaplah
Persaingan di depan semakin berat

Jangan sampai mereka
Jatuhkan nyali kita
Tunjukkan pada mereka
Siapa diri kita

Bersiaplah, bersiaplah
Berjuang tuk menjadi pemenang
Bersiaplah, bersiaplah
Persaingan di depan semakin berat

Lewat juga.....

Wednesday, November 07, 2007 0 pengkoment...
Semalam merupakan suatu tantangan yang sungguh berat yang saya hadapi. Dimana kemarin adalah suatu perjuangan yang tak terlupakan saya kira. Ya.... gimanalah... mau dibilang. Butuh suatu pengorbanan dan hati yang tulus dan ikhlaslah supaya apa yang kita dapat berjalan dengan yang baik. Kemarin kami harus menyiapkan suatu dokumen yang merupakan hasil design dari proyek yang kami buat. Adapun proyek yang kami buat adala Aplikasi HTML Checker. Aplikasi ini berguna untuk membantu seorang web programmer yang masih muda atau bisa dibilang yang masih pemulalah. Aplikasi ini juga bisa dipakai oleh siapa saja memang. Tapi ini khusus untuk yang masih pemulalah, kalau sudah yang mahir ngapain pala repot mempergunakannya. Dengan aplikasi ini seorang web programmer bisa dibantu untuk mencari kesalahan struktur HTML dan kesalahan penulisan tag-tag HTML. Proyek ini sudah berjalan kira-kira sudah lima minggu dan sekarang menjalani minggu keenam. Dimana tiap minggunya itu penuh dengan macam-macam persolanlah yang diterima yaitu mulai dari minggu pertama untuk pembagian kelompok proyek, pembuatan nama kelompok dan slogannya, pembagian tugas- masing-masing anggota kelompok, dan aturan-aturan yang akan berlaku dalam kelompok tersebut selama proyek ini berjalan nantinya. Adapun kami dalam satu kelompok ada lima orang, dimana setiap orang memiliki tugas yang berbeda-beda, namun saling koordiasi. Pembagiaanya adalah,
  • 1 Orang sebagai Proyek Manager, yaitu orang yang bertanggung jawab atas proyek yang ada dan keberlangsungannya, mengkoornir setiap anggota yang ada, mengawasi setiap pekerjaan anggota dan bagaiman sudah perkembangannya dan apa-apa saja yang sudah dicapai setiap minggunya, membuat perencanaan dan jadwal kerja yang akan dilakukan.
  • 2 Orang Sebagai Sistem Analist, yaitu orang yang akan melakukan requerment gathering, yaitu mengumpulkan segala informasi dan fakta-fakta yang berhubungan dengan aplikasi atau sistem yang akan dibangun, kemudian membuat perumusannya dan gamabran aplikasi yang akan dibangun. Pokoknya proyek berwal dari bagian inilah.
  • 1 Orang sebagai Desingner, orang yang akan membuat design dari aplikasi yang akan dibuat sesuai dengan hasil analisis untuk dimplementasikan oleh seorang programmer. Hal ini juga berguna untuk membantu programmer melakukan implementasi.
  • 1 Orang sebagai Programmer, yaitu orang yang mengimplementasikan aplikasi. Orang inilah yang paling banyak berhubungan dengan aplikasi untuk membuat pengkodingan. Mengimplementasikan hasil design ke aplikasi yang sebenarnya.
  • Dan yang terakhir adalah testing dan QA (Qualited Assurance) yaitu semua anggota kelompok. Setelah aplikasi selesai dibangun maka perlu ditesting, apakah sudah berjalan dengan baik, mencari bu-bug yang ada dan memperbaikinya. Pada QA berguna utuk mengetahui apakah aplikasi yang dibangun sesuai denagn permintaan user dan memenuhi standar aplikasi yang ada.
Memang tiap minggunya penuh dengan perjuangan, tapi hari kemarin untuk minggu ini mengenai design adalah yang paling parah kurasakan. Bayangkan pemberitahuan baru ada pada pagi harinya sesudah sekitar jam 11 siang, padahal presentasi hasil design akan dilaksanakan pukul 3 sorenya. Wah... gawatlah semua, dokumen SDDnya belum siap dan harus diprint, membuat slide lagi, membuat design layout aplikasi, membuat algorithma dari fungsi-fungsi yang ada. Wahh ribet kalilah. Dan itu pun harus dikerjakan dalam waktu sekitar dua jamlah. Untunglah kebetulan pada sekitar jam satu - jam tiga lagi tidak ada masuk kuliah, ya disitu waktu yang cocok, manatp tenang. Penuh dengan perjuangan dibarengi tekanan karena waktu yang semakin mepet. Ya... gitulah yang namanya belajar..... Belajar SENG... Software Engineering bos.....!

Ada apa...?

Sunday, November 04, 2007 0 pengkoment...
Hari-hari yang kujalani ini terasa sangat membebaniku....
Aku tak tahu mengapa seperti ini....
sudah beberapa waktu ini aku jalani seperti ini.....
Aku merasa ada sesuatu yang sangat tidak aku tak tahu....
Tapi...apa itu....
Aku tak pernah tahu...
Kucoba ingin tahu ...
Tapi tak pernah bisa.....
Apakah ....
Ini merupakan suatu pertanda bagiku....
Bahwa aku harus introspeksi diri.....
Suapaya aku lebih memahami apa artinya hidup ini....
Bagaimana menghargai hidup yang ada....
Supaya semunya dapat berjalan dengan ....
Sesuai kehendak Yang Maha Kuasa......

Persiapan UTS 12-16 Nov 2007

Thursday, November 01, 2007 0 pengkoment...
Semalam kami megadakan talk show untuk Persiapan UTS 12-16 Nov 2007 yang dibawakan oleh Ibu Inge, direktur di seklah kami. Disana juga dihadiri beberapa dosen yang mendampingi beliau untuk memberikan berbagai nasehat dan arahan untuk para anak didiknya.

Talk Show tersebut dihadiri oleh mahasiswa tingkat I dan II, sedangkan untuk tingkat tiga akan diadakan keesokan harinya.

Pada acara tersebut, beliau memberikan berbagai arahan, nasehat, tips dan trik, bagaimana persiapan UTS yang baik itu, menceritakan pengalaman-pengalamannya serta pengalaman anak didiknya dahulunya.

Acara dimulai dengan sesi presentasi oleh ibu Inge bagaimana persiapan UTS yang baik, setelah itu beliau memberikan beberapa masukan dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab anatara mahasiswa dengan dosen dan kemudian sesama mahasiswa. Yaitu mahasiswa tingkat I memberi pertanyaan dan mahasiswa tingkat II akan menjawabnya dan begitulah sebaliknya.

Suasana acara tersebut happy fun aja, karena tidak ada yang namanya penekanan tapi enjoy aja dan penuh dengan canda tawa yang diberikan beliau, so mahasiswa pun bisa tertawa.

Acaranya berlangsung kurang lebih dari satu jam, dan itu pun tak terasa. Dari hasil pertemuan tersebut dihasilkan beberapa hal penting yang perlu dilaksanakan dan dibuat. Salah satunya adalah pembentukan Group belajar sebelum UTS dan akan berlangsung seterusnya. Mahasiswa bebas menggunakan ruangan diskusi, bisa kelompok kecil, minta tutorial dari dosen bersangkutan asalkan dikonfirmasi terlebih dahulunya.

Satu hal paling menarik menurut saya adalah perkataan beliau yang mengatakan, "Apabila anda tidak bisa membuat program Hello World dalam waktu 5 menit tanpa error dan lulus kompile, maka anda sudah mantap, tapi kalau tidak maka anda perlu memperhatikan cara belajar anda."

Semoga UTS nantinya yang akan berlangsung kira-kira satu minggu lagi berjalan sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Spirit ..... Spirit.....
Compile Error.....! No.......