Terakhir masa kuliah

Wednesday, December 19, 2007 0 pengkoment...
Wah......
Tak terasa sebentar lagi akhir tahun 2007 mau berakhir dan akan tibalah tahun yang bru yaitu tahun 2008. Pada hari ini juga tepatnya 19 Desember 2007 adalah masa terakhir kuliah kami di kampus tercinta. Kami akan libur selama dua setengah minggu ke depan nantinya. Itu dalam rangka merayakan hari Natal dan Tahun Baru 2008.

Semoga tahun yang baru nanti akan memberi berkah dan memberi kita semua berkah yang lebih lagi. Membuat kita lebih semangat lagi dalam berkarya, terutama dalam bidang kita masing-masing, respect satu sama lain, dan makin lebih dekat kepada-Nya.

Memang namanya libur, tapi bagi yang namanya bagi seorang pelajar itu bukan lah sutu libur, tapi itu merupakan hari dimana kita bisa belajar lebih dirumah, mengejar ketertinggalan kita, membantu orang tua, mengerjakan sesuatu yang berguna nantinya, mengerjakan segala tugas yang ada. Libur nantinay bukan lah menjdai kita berarti benar-benar lupakan semuanya yang namanya berbau pelajaran. Tapi kita malah dituntut lebih daripada disitu. Apalagi nantinya setelah habis masa liburan, akan datang lagi masa yang baru, yaitu masa kita akan mengakhiri masa di semester yang pertama, dan darisana juga akan terjadi pengumpulan tuga-tugas, penyetoran semua utang-utang kita, kita harus berusaha keras mencapai yang terbaik nantinya, baik itu dalam Tugas Akhir Semester untuk biddang study tertentu, Proyek untuk beberap mata pelajaran, menghadapi Quis, Presentasi, prsiapan untuk UAS, dan yang terakhir adalah masa ujian menghadapi yang namanya Ujian Akhir Semester pada akhir bulan Januari nantinnya. Jadi kita sekarang sedang dalam penuh tekanan.

Tapi percayalah, semuanya itu akan terlewati jika melakukannya dengan senang hati dan penuh percaya diri dan punya target.
Jangan kita langsung menyerah sebelum berperang.

Ok....
Merry Christmast....
Happy New Year........
Happy Holiday......
and...
Happy Study.......

Natal dan Liburan

Tuesday, December 18, 2007 0 pengkoment...

Wah.... ga seru ya kalau aku ga ucapin selamat Natal untuk kita semuanya.....

Habis sih.... ga bisa but postingan dari LK. Lmabat banget, buka google aja susah.....

Tapi ga apa-apalah ya... yang penting ngeblog bisa lancar terus.

Oh ya.... sebentar lagi mau liburan nih untuk liburan Natal dan Tahun Baru, tapi aku ga tahu entah gimana nantinay tuh...

Apa nanati membosankan dirumah atau gimana. Mudah-mudahan adalah kegiatan nati waktu dirumah agar tidak membosankan, oh.... ya... di daerah kami lagi musim yang namanya musim cangkul di sawah dan musim bertanam disawah kayaknya itu lah kegiatan satu-satunay yang bisa hilangkna kesuntukan. Atau disamping itu nonton Natal malam harinya ditambah ngumpul sam teman-teman. Pokoknya asyilah kurasa nanti ya....

Yang pentiing enjoy aja. Dan sebentar lagi tahn 2007 akan berakhir dan akan datang tahun yang baru yaitu tahun 2008. Mudah-mudahan ditahun 2008 nanti menjadi lebih baik lagi semuanya.

Ok...I want say againt....


Merry Christmast 

and 

Happy New Year

Advent

Saturday, December 15, 2007 0 pengkoment...
Besok kami akan mengadakan acara perayaan penyambutan Natal, atau disebut juga itu dengan hari Advent. Adapun yang menjadi tema dari acara tersebut adalah "Anak Yang Hilang".
Semuanya pun disesuaikan dengan tema tersebut, baik itu latar, dekorasinya hiasannya, pokoknya semua disesuaikan.
Acara itu dibuat di Aula Pidel yang akan dimulai pukul enam sore.
Semoga acara besok berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

before that,
I want to say.....!!!!
"Selamat Advent"

Masalah

0 pengkoment...
Ketika suatu masalah dapat kita pecahkan akan sangat terasa senanglah perasaan ini.
Ketika masalah itupun tak kunk=jung terselesaikan dan itu akan menjadi beban bagi diri kita sendiri dan itu juga akan selalu membayang-bayangi kita dalam setiap langkah kita. Keman pun kita melangkah, kalau yang namanya masalah itu akan selalu membayangi. Oleh karena itu cobalah sebisa mungkin untuk menghindar dari masalah itu atau kalu bisa kita selesaikan masalah itu secara jantan.

Masalah itu akan dengan cepat terselesaikan jika kita memberi perhatian kepada masalah itu atau masalh itu yang menuntut kita untuk diselesaikan. Begitujuga dalam kehidupan belajar ini yang saya rasakan. Apabila kita dikasih sutu tugaslha contohnya dan tugas ini diksih tenggang waktu untuk mengerjakannya beberapa hari, kita taruhlah satu minggu. Jujur itu tugas tak akan terselesaikan itu mungkin entah dua hari atau satu hari mau pengumpulan. Mungkin karena tekanan atau waktu yang sudah mendesak, eh.... itu masalh tau tugas bisa juga selesai dalam kurun waktu satu hari pas itu hari pengumpulan.

So... semuanya itu pasti akan terselesaikan, dan bagaimana pun caranya ..... suatu masalah itu pasti ad jalan keluarnya.

Entah ppun itu masalh besar, ataupun masalh yang kecil. Tak sekarang tereselesaian, besok, atau mungkin dalam waktu yang tidak bisa kita ketahui.
So... janaganlah kita takut menghadapi masalah, karena masalh itu ibarat bumbu-bumbu dalma kehidupan ini.

Masalah

Thursday, December 13, 2007 0 pengkoment...
Ketika masalah datang menghadang, kita pasti akan merasa tertekan.
Kita dituntuk untuk menghadapinya.............

inilah yang kurasakn hari ini, penyh dengan masalh yang datang tiba-tiba ditambah lagi masalh yang lain belum selesai eh.... masalh pun berdatangan.

Completlah...

Wednesday, December 12, 2007 0 pengkoment...
Wah...... ngeri kali bah minggu ini kurasa. Kenapa...?????
Ya... ga tau entah kenapa. Banyak kali tugas yang menumpuk. Wah... hampir semua course kasi tugas. Adalah itu yang akan dikumpul hari jumat, kamis, dan semalam untuk satu mata pelajaran sudah berlalu.

Semalam itu mengenai Calculator Demo. Ya.... kami disuruh buat program calculator dari Java. Ribet kali bah kurasa..., ga bisa bernapas. Tambah lagi semalam ada isu pengumpulan tugas, kemudian tiba-tiba ada Quis DP.... Walh..... kepepetlah semuanya.

Ada English lagi nanti buat gadget dan dikumpul hari jumat dan ditambah lagi Quis itu untuk hari itu, dan ditambah lagi pengumpulan dan presentasi Use Case dari SENG untuk hari jumat. Ya... completelah penderitaan itu.
Padahal sebentar lagi mau Natalnya, tapi mau dibilang ap lagi....

Ok... semuanya itu pasti akan bisa dilewati. Jangan takut.....

Last Party

Monday, December 10, 2007 0 pengkoment...
Semalam kami lakukan kami warga PIDEL merayakan yang namanya Last Party. Last Party merupakan suatu pesta terakhir atau pesta terakhir dari kepengurusan BPHKM yang lama. Acaranya dimulai jam 6 sore dan berakahir sekitar jam 11 malam. Memang acaranyacukup lama ya...., ya begitu deh... habis acarnya banayak. Setiap seksi yang ada harus buta acaranya masing-masing. Ditambah lagi acara-acara yang lain, seperti band, game, pokonya macam-macamlah.

Adapun yag menjadi tema dari acara semalam adalah "Kasih Yang Melayani". Alasan mengapa itu dibuat katanya, biarlah kasih yang menyelimuti dan melayani semuanya. Acar ini dihadiri semua mahasiswa dan juga dihadiri oleh dosen-dosen dan staff.

Acara yang dibuat semalam memang gokil-gokillah yang mengadakan show, soalnya ornag-orang tersebut adalah orang-orang yang bisa dibilang agak malulah tampil didpan umum, tapi semalam ga... seperti... itu.. Mereka tampil dengan ke gokilan mereka. Pokoknya mantaplah....

Buat pengurus lama selamatlah dan sekarang dari sini maka kepengurusan baru pun haruslah berbenah diri untuk memangkul tugas dan tanggung jawab mereka sebaga pemimpin.

Nation

Saturday, December 08, 2007 0 pengkoment...
I don't like this link:> http://ihateindon.blogspot.com/
It is something that can make a scene in this world, especially in that two country.
Why did like that????
I don't know.
I don't know when it was began.
But I think and I hope that two nation can keep reconciliation, because that two nations are neighbouring.

Peace........!!!!
Don't be making mischief between each other.
Peace is beauty......

Cape

0 pengkoment...
Cape kali bah ini hari......
Tak terasa ini hari berjalan....
Gue nyuci tiga ember coy.....!!!! Wala ma... macama betul aja ini.
Ngeri kali bah rasanya sewaktu nyuci tersebut. Iya macam manalah, itu cucian untuk ikut cucian minggu yang lalu. Berarti dua minggu sudah tak mencuci ya....!!! Weleh...weleh....
Tapi ga apa-apalah sekarang lega rasanya sudah siap, bersih semuanya, tinggal tunggu kering dan lagi dijemuur sekarang, habis diambil ya... mau tidak mau harus disetrikalah......
Tapi-tapi pertama-tama tadinya waktu mau nyuci, berpikir juga gua ini, siap ga ini pakaian. Tambah lagi harus nyuci selimut yang sungguh memberatkan....walah...lengkaplah penderitaan ini.
Ditambah lagi semalam tidurnya lama, bayangkan coy... sampai tengah emapt pagi........wlah....walah... busyet ni orang.... Ya.. Nontonlah terus sampai jebol...
Habis sih.... otak ini uda suntuk kali... butuh refreshing........

Ya... harus begitulah memang kehidupan ini, kita harus menjalani itu semua dengan senag hati...
Semua yang kita lakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas, maka hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Dan mekipun itu tidak sesuai dengan hasil yang kita harapkan...., tapi kita pasti bangga atas apa yng kita dapatkan itu...........
Sabar...., lapang dada......, kerja keras....., berusaha......, dan lakukan yang terbaik.......

Happy Saturday Coy....!!!
And Happy Weekend.....!!!
And don't forget, tomorrow there is a party in our campus.
It is last party from the old BPHKM.......

Ada aja....

Thursday, December 06, 2007 0 pengkoment...
Ada aja emang kerjaan si adek sama si abang ini kadang-kadang.
Semalam mereka saling bicara satu sama lain dalam suatu kamar yang juga dihadiri beberapa orang penghuni kamar ini ditambah penghunni kamar tetangga.

Mulanya sih masalahnya adalah berawal dari melihat sebuah lukisan yang akn dibuat sebgai latar dalam Natal nanti.
Eh... tiba-tiba si adek dan si abang ini jumpa. Dan tanpa tahu siapa yang memulai permasalahan ini aku pun ga tahu. Masalah pertamanya adalh mengenai cewek. Ya... cewek gitu....
"Loe kapan sih punya cewek bro....??? padahal kau uda mau lulus??"

"Si abang pun menangapinya dengan santai, tenang bro... itu aman-aman aja, itu nanati datang sendirinya itu nanti,"jawab si abang.
Si adek ini pun kurang senang dengan jawaban itu dan dia pengen si abang harus punya gebetan sebelum tamat nantinya dan dikasih tunjuk samnaya. Entah dimanapun sekarang cewek itu, pokoknya si abang harus punya..????

Permasalahnnya pun makin panjang dan merambah kehal-hal yang lain. Permasalahna yang lain pun muncul seiring dengan makin larutnya malam ditambah makin bertambahnya orang-orang yang gabung dalam komunitas dalam satu kamar itu. Kamar itu memiliki empat tempat tidur bertingkat yang aling bersebelahan. Penghuni kamar itu pada saat itu uda pada tewas sebagian. Maksunya uda pada tidur dan ada yang ngorok lagi. memang kayaknya mengerikan kali ya...

Ya.. sampailah akahirnya kepada permasalan terakhir, yaitu antara si abang dan si adek. Permasalahannya ini cukup signifikan sekali bah terasa. Soal tampang seram di muka adek-adek sehingga orang itu katanya takut lihat si adek dan sehingga mereka takut mendekati si adek. Padahal pemikiran si adek biasa-biasa saja. Mereka pun berdebat dan berdebant sehingga akhirnya si adek minta solusi untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Si abang pun memberikan solusinya dan si adek adek mendengarkannya dengan penuh makna dan hikmat. Apa itu gumam si adek dalam hati...

"Mau tahu??", kata si abang.
"ya, iyalah cepatlah itu bro...", pinta si adek,.

"Gini caranya. Kau ambil ember masukkan ke kepalamu dan lari-lari sana.", ucap si abang dengan seksama.
Si adik pun merasa kecewa atas jawaban itu dan berkata,: "Mampuslah bah...disangka entah apa jawabannya, rupanay sama juga pikirannya".

Perkataan itu pun selalu diingat si adek dan sering diucapkannya kadang-kadang apabila berpapasan atau jumpa dengan si abang. Dan itu lah latar belakangnya mengapa cerita ini dibuat.

NB:
Cerita ini benar lho... Ga ada rekayasa dan fiktif belaka. Ini asli terjadi. Satu lagi, perkataan si abang dan si adek disini bukan berarti itu cowok dan cewek, tapi itu cowok semua yang ada dalam cerita. Dan si adek dan si abang disini adalah "apara".
He...he.....
Ada aja.....!!!!

Got's

Wednesday, December 05, 2007 0 pengkoment...
No Got's
Study Only...

No Woman
No Cry.....

No Money
Happy always....

No Matter
All walk well....

No Talk
All silent....

No Answer
May be still confuse....

No Man
Be matter..

No Effort
Be Lazy...

No a leader
This nation will be damage

Every things in this world have No and Yes for answering......
And that answering has positive value and negative value.
So you must respect each other who gives an answer and a question.....!!!

Orang Tua

Monday, December 03, 2007 0 pengkoment...
Kadang kalau kita pikir dan renungkan, sungguh besar penorbanan kedua orang yang telah membesarkan kita sejak kecil. Kedua orang itu adalah Ayah dan Ibu kita. Mereka adalah pahlawan dalam hidup kita. Aku sangat salut terhadap kedua orang tua kita terutama untuk semua orng tua yang ada di sekitar daerah ku. Memang kalau dilihat dari segi financial sangat kuranglah, tapi apa???

Orang tua kita berusaha melakukan yang terbaik bagi kita. Mereka ingin kita lebih baik dari mereka. Apapun itu pasti mereka akan berjuang dengan sekuat tenaga. Tidak perduli itu siang dan malam, hujan atau panas, pokoknya segala rintangan itu akan dilaluinya selama itu masih benar.

Orang tua pasti ingin selalu yang terbaik bagi anak-anaknya.
Namun masalahnya kadang -kadang ada pada kita sendiri. Sering kita menganggap ortu kita tidak pernah memperhatikan kita, tidak pernah mengurusi masalah kita, pokoknya yang ada sangkut pautnya dengan diri kita. Padahal kita tidak menyadari apa yang menyebakan mereka seperti itu dan kita kadang-kadang memang terlalu egois, hanya diri kita yang kita pikirkan. Ketahuilah bahwa orang tua kitalah yang membesarkan kita ari kecil sampai sekarang ini, orang tua kitalah yang akan membantu kita jika ada masalah. Dan tidak ada yang bisa melebihi kasih dari orang tua di dunia ini. Seperti apa pun orang tua kita itu, kita harus menerimanya karena itu adalah orang tua kita.

Anakhon i do hamoraon di ahu.....!!!!

Awas HIV/AIDS

Sunday, December 02, 2007 0 pengkoment...
STOP HIV/AIDS
Sekali Kena Maka Nyawa Taruhannya
Oleh Karena Itu Hindari Pengunaan Narkoba, Seks Bebas, Reuse Penggunaan Jarum Suntik
Apa Anda Ingin Salah Satu Korban Dari Penyakit Ini????
Kalau Tidak Katakan No Pada HIV/AIDS........!!!!

Hari Peringatan HIV/AIDS Sedunia tanggal 1 Desember.......

Setelah

Friday, November 30, 2007 0 pengkoment...
Pada hari ini telah dikeluarkan dan ditempelkan hasil keseluruhan dari Ujian Tengah Semester (UTS) yang dilangsungkan dua minggu yang lalu. Memang kalau dipikir-pikir kayaknya hal itu suatu merupakan cambuk bagi kita. Soalnya kalau dilihat dari rata-rata, memang agak kurang mantaplah tahe. Setidaknya kita bisa rata-rata tujuh puluhan lah.

Setelah melihat pengumuman itu yang ditempelkan didepan administrasi, memang perasaan ini agak bangga sikit, ga pala banyak. Soalnya itu masih jauh menurut saya. Belum mencapai target yang saya buat sebelumnya. Ini memang kesalhan saya sendiri, ga mungkin ini merupakan kesalahan orang lain. Aku kurang dibeberapa mata pelajaran, sehingga hasil dari rata-ratanya langsung turun. Memang kalau dihitung-hitung, 0.01 aja untuk nilai tersebut akan sangat berarti. Kita akan berpikir-pikir seandainya aku dapat nilai sekian bukan sekian, maka hasil yang kudapatkan dan rata-ratanya tidak akan seperti ini.

Memang konyol juga terasa ya..... menyesali suatu hal yang tak bisa lagi dipungkiri. Ya.... memang mau dibilang apa lagi, sudah seperti sifat manusia. Penyesalan akan selalu datang belakangan.

Ya.. sudah, itu masih setengah semester masih, hayo... masih ada setengah semester lagi. Kamu harus belajar lebih giat, lebih semangat, dan berikan yang lebih baik lagi.

Ayo.... semangat coy.......!!!!

8 Ways For A Programmer To Stay Sane

Wednesday, November 28, 2007 0 pengkoment...
By David Walsh

Being a web programmer is hard work. Long hours, coupled with the fact that we're presented with nothing but problems, can make our job unbearable. Not to mention deadlines and unreasonable customers. Oh, and the fact that we're all casualties of the never-ending browser wars.

So why do we do what we do? We love programming. We love creating functional, virtual worlds where people can get information, post pictures, and meet people. We love taking a given set of rules and bending them to their limits. We love that we can post a collection of code that can some day be a money-making powerhouse like Facebook or Digg.

With all of the rewards that come from being a programmer, the job can still be overwhelming. Dealing with the stress that our job creates is an important skill. I've compiled a list of ways for you, as a programmer, to keep your sanity.

Know When to Step Away
Programmers, in general, are obsessive, detailed-oriented people. We don't like admitting defeat and we tend to not step away when we are frustrated. The best thing to do when you've spent a long period of time working on one problem is to step away. Clear your mind. Take a walk. Come back to your desk when you've cooled down.

Go Out For Lunch…
I used to eat lunch at my computer every day — I'd check out my favorite websites and send a few personal emails. Once more and more customers knew me, I'd get inundated with phone call after phone call during lunch and soon I didn't have ANY time during the day to myself. Don't let your lunch hour become another hour of work! Get away from your desk for lunch!

…But Eat Healthy
A healthy body is a healthy mind. It's much easier to grab a quick donut or candy bar when at the desk, but take a quick break and eat something healthy. Try a small salad, a granola bar, or good old peanut butter and jelly sandwich. Eating poorly can make a person feel weighed down or even depressed (I tell my coworkers that my self-esteem is low when I eat at McDonald's). I suggest eating a healthy sub sandwich — it will fill you up, give you the nutrients you need, and not make you feel tired or ill.

Ignore Your Home Computer
After a frustrating day at work, stay off of your home computer — your personal programming can wait another day. Your personal programming could become more frustrating than your work problems, and that's not what you need. Let it go for the night.

Get Another Non-Tech Hobby / Exercise
Having passions other than computer-related hobbies is ideal. Performing physical activities is even better, as it will help you stay in shape. Too often I hear other programmers speak about nothing but computer-related topics — get out of the programming world once in a while! Find another hobby! Learn how to cook. Start playing chess. Do puzzles. Play soccer.

Spend Time with Friends
Friends are generally low maintenance and have interests other than computer-related topics. Schedule a weekend event with your friends. Get together for a barbecue, go to a movie, play video games, go to the football game, or have a night out on the town. Instant messaging your buddies doesn't count!

Take Your Vacation
When things get tough at work, don't be afraid to use your vacation — it could save you from outright quitting when work is overbearing. You don't have to go on an exotic vacation or a cruise; hell, stay home if you want. The point of the vacation is to focus on not working.

Know If Programming Isn't Right for You
If you're losing your mind on a consistent basis and your job is affecting your family, health, or sanity, it may be time to stop. There are other jobs out there — maybe you'd be better off with another career. Just know that programming isn't everything and you don't have to suffer because of your job.

Dealing with the stress of programming is a very important skill. How do you deal with stress at work?

Until next time,
David Walsh
davidwalsh.name

Perpisahan dengan sang Pemimpin

Tuesday, November 27, 2007 0 pengkoment...
Hari ini merupakan hari perpisahan kami dengan Bapak tercinta Bapak Saswinadi Sasmojo. Beliau adalah Direktur yang ketika di Politeknik Informatika Del. Dia telah menjabat tugasnya tersebut dan mengabdi kepada Pidel selama kurang lebih dari tiga setengah tahun. Banyak hal yang bisa kami dapatkan dari beliau selama dia menjadi pemimpin di kampus kami. Dia itu orangnya tegas, punya prinsip, baik, terbuka, pokoknya baguslah lah dan banyak hal yang bisa kita dapatkan dari beliau.

Beliau akan menjalani tugas selanjutnya yang menurut kabar dia akan menjalankan tugas nya yang lebih berat lagi, yaitu dia akan memimpin dari ITD (Institut Teknologi Del) yang sebentar lagi akan dibuka dan telah diresmikan pendiriannya oleh Pak SBY pada bulan Desember 2005 kemarin.

Beliau akan digantikan oleh Ibu Ingriani Liem yang juga sebagai sosok pemimpin yang baik dan tangguh. Dia telah banyak turut campur dan berkontribusi mulai dari berdirinya Pidel ini. Dia akan mengemban tugasnya yang baru, dan akan sanagt berat saya rasa untuk beliau, karena dia harus menjalankan dan meneruskan semua hal-hal yang telah dibuat oleh Pak SAS sebelumnya.
Dan saya juga sangat bangga bisa bertemu dengan seorang sosok Pak SAS, saya juga bisa bangga dia menjadi dosen penguji kami dulunya sewaktu kami mengahadapi seminar Proyek Akhir 1. Dari situ bisa saya ambila banyak pelajaran. Satu hal lagi yang bisa saya lihat sehingga saya bisa lebih mengenal sosok pribadi Pak SAS adalah, sewaktu malam mau diadakan Wisuda Mahasiswa Pidel angkatan 2004. Kebetulan pada malam itu kami ikut membantu para Dosen membuat buku wisuda dan samapi larut malam saya rasa. Tetapi meskipun sudah larut malam itu, Pak SAS juga ikut serta dalam hal itu. Dia tidak mau lepas tanggungjawab dan harus memeriksa semau persiapan yang ada meskipun disitu sudah banyak Dosen yang turut serta. Tetap saja di aikut turun tangan dan saya sendiri merasakannya. Saya diajari bagaimana caranya itu menghekter itu buku wisuda agar rapi dan mudah. Pokoknya salut deh bagi Pak SAS.

namun iti akan berakhir dengan perpisahan yang kami lakukan tadi, mulai dari pukul empat sore sampai setengah sembilan malam. Semua merasa kehilangan Pak SAS, tidak mahasiswa, dosen, staff, karyawan, pokoknya semualah. Memang Pak SAS ini benar-benar seseorang yang menjadi panutan bagi yang lainnya.

bagi Pak SAS, saya ucapkan selamat melanjutkan karirnya yang selanjutnya. Meskipun kita berpisah namun apa yang telah bapak berikan kepada kami pasti kami akan ingat selalu. Dan benih yang baik yang diberikan oleh sang pemimipin pasti akan tumbuh dan akan selalu diingat oleh kami.

Good Pak SAS....
See You....

Seng lagi

Monday, November 26, 2007 0 pengkoment...
Mari bertempur......
Besok Presentasi Proyek SENG tercinta......
Besok akan merupakan suatu hari yang sangat melelahkan.....
So...
Show your best...
mari kawan kita melepaskan diri dari belenggu si Proyek ini.....

Let's go..
We wait what will happen tomorrow!!
Toe tapanotnotima...

Keluhan hati

0 pengkoment...
Mengapa jadinya begini.
Padahal kau telah berusaha keras dengan semampuku.
Tapi, aku tak tahu kenapa begini jadinya.
Semuanya berubah.
Berubah dari yang kuinginkan.
Hal yang kuinginkan dulu, dan yang aku inginkan kini,
Sangat berbeda.
Kucoba berusaha dan berusaha,
Mengejar ketertinggalan itu,
Namun..... apa daya...
Aku tak sanggup...
Aku tak mampu....
Aku tak bisa bersaing lagi....
Kini.....
Aku kebanyakan mengharapkan orang lain...
Apa ini adalah suatu pertanda bagiku....
Suatu teguran dari Yang Kuasa..?
Mungkin... mungkin saja itu suatu pertanda gumamku.
Ah.... sudahlah...
Cobalah berubah kawan,
Jangan putus asa, coba lagi dan coba...
Loe pastii bisa.
Dan ingat akan Yang Kuasa,
Berikan waktumu barang sedeetik untuk-Nya.
dan jangan terlalu lalai,
Dan ketahuilah....
Semua masalah pasti ada jalan keluarnya,
tak sekarang mungkin nanti...
Cepat atau lambat...
Sabar....

Just kidding....

Sunday, November 25, 2007 0 pengkoment...
Sial... Barusan gue ketelodoran..
emangnya napa..
Gue uda buat cerurita satu halaman penuh.. eh...tiba-tiba pada hilang...sial gue...
hilangnya gimana...
ya...tiba-tiba muncul message saat gue asyik-asyiknya ngetik ceritanya.Dan asal loe tahu ya...gue hampir nyiapkanceritanya.
Emangya loe buat ceritnya dimana sih..
Di Internet.
Emang bisa.. ya..
Ya.. bisalah.. loe ni kenapa sih..
baru tahu ni...
Oo..ga apalah, orang purba susah di ajak ngomong...
Loe ngejek gua ya..
Gngggaa...
lalu napa...
gue tadi yang matikan listrik dirumah...habis loe ga lihat tadi apa..
Apa ???
Tu setrika loe uda pada berasap tadi...
Aduh mati gua...
Sorilah ya...
Sori-sori..payah loe..
Just kidding kawan.

mantap juga kita ya bersandiwara..

Pembaca: angka apa ni.. gua ga ngerti ....

Azumi

Saturday, November 24, 2007 0 pengkoment...

Azumi......
I like that film.......
Yeah.....Waktu gue nonton film ini....

Gue salut banget sama tali persahabatan dari mereka. Bayangkan mereka disuruh untuk membunuh dan melawan oarng yang paling dekat dengan mereka. Semula mereka ada sebanyak 10 orang, tetapi mereka punya misi dan yang dibutuhkan hanya 5 orang saja. Oleh karena itu 5 orang dari mereka harus mati dan harus antara mereka yang harus saling membunuh.

Wah... pokonya ngeri kali lah bah....Terjadi pembantaian disana sini, dan akhirnya dari meeka yang tinggal lima itu melakukan misi dan berhasil membunuh pertama kali dari orang yang plaing dicari karena menyebabkan terjadinya peperangan di daerah mereka. tetapi misi mereka kedua gagal, karena mereka ditipu, dan dari sisnilah awal dari satu persatu dari mereka dikejar dan dibunuh. Dan yang tinggal hanya satu ornag saja pada akirnya yaitu Azumi.
Maka Azumi dengan sendirinya dan penuh dengan kerja keras, akhirnya berhasil membunuh ornag kedua dalam misi mereka pas di tengah lautan.

Namun film ini masih ada sambungannya, kaena pas endingnya, Azumi berkata bahwa mereka masih punya misi yaitu membunuh the next target, gue lupa siap namanya.
Pokoknya aku suka kali dengan film ini, uda si Azumi cantik, cerdas, pandai berkelahi, mainkan samurainya, periang, ya... manataplah...

Nice....
Tapi yang paling kau suka dari film ini adalah yang pas pertama-tamanya. Mereka diberi sutau pemilihan yang sangat sulit untuk dilakukan, emnyakiti dan mharus membunuh orang yang paling dekat dengan merekka demi suatu misi yang belum mereka tahu....

Waktumu

0 pengkoment...
Atur waktumu
Jadikan suatu target
Dan jangan selalu mengulur waktu
Kerjakanlah apa yang bisa kau kerjakan saat ini

Semua ada waktunya
Di saat kau belajar
Belajarlah yang serius
Tapi jangan terlalu kau paksakan
Kau butuh hiburan
Dan hiburlah dirimu
Di saat kau merasa perlu suatu hiburan
Banyak hal yang bisa kau lakukan untuk yang satu ini

So...
Gunakanlah waktumu untuk saatnya
Dan lakukanlah itu pada saatnya juga
Dan jangan terlalu memaksakan diri

Time Is Money
Salam....

Be Your Self

Friday, November 23, 2007 0 pengkoment...
Just....said somethings......
Jangan pernah merasa menyesal terhadap apa yang menurut anda perbuat benar.
Jadilah dirimu sendiri......
Jangan engakau terlalu memperhatikan orang lain...
Sebab pemikiran orang lain dan kemampuannya berbeda denganmu.

Apabila temanmu tidur-tidut saja waktu dan mendapatkan nilai yang baik waktu ujian, padahal anda sudah belajar mati-matian untuk menghadapi ujian itu, tapi hasil yang anda dapatkan masih sangat jauh dari apa yang kita harapkan.

Menghadapi persoalan seperti inilah yang kadang sulit bisa diterima seseorang, dia akan merasa kurang menjadi be yourself dan akan cenderung mau meniru tingkah laku dari kawannya itu. Inilah suatu hal yang perlu dia sadari bahwa pola pemikirannya dengan kwannya itu berbeda dengan pemikirannya, mungkin saja sang kawan bisa mengerti permasalahan yang disuguhkan dalam ujian dan dia mengerti apa yang diterangkan oleh guru atau dosen sewaktu dikelas....Padahal kita masih memulai dari awal dan menghafal dan mempelajari permasalhan itu dari awalnya dan itu pun kita lakukan mungkin dalam waktu satu malam yang disebut dengan SKS, tapi tiba dikasih persoalan kita tidak mengerti persoalan itu dan buyar semua apa yang kita hafal semalam.

Disinilah pemikiran yang sanagt diperlukan, bayangkan daya tampung otak kita seberapa besar rupanay kapasitas dan memorinya.
Disinilah kita juga mengetahui bahwa ada kalanya kita memahami apa yang kita baca dan jangan asal menghafalnya saja dan tidak mengerti apa yang kita hafal itu.
Ingat menghafal itu hanya seketika, tetapi bila mengerti persoalan itu maka kita akan mengingat selamanya dan melekat dalam otak kita.

Dari sini juag kiat perlu menjadi lebih menjadi diri sendiri, boleh memang meniru orang lain, tetapi jangan terlalu....dan ingat bahwa apa yang anda dapatkan dari usaha anda sendiri lebih berharga daripada yang diberikan dan dibantu oleh orang lain. Meskipun itu dalam sekecil apa pun.

So.....
Be........
Your.......
Self.............

Why....

0 pengkoment...
Gue agak sebal juga beberapa saat ini...
Why.....
Susah kali buka google dari LK nih....
Pertama-tama sih masih bisa buka halaman awalnya.....
Tibalah kita mau login ke gmail....
Wah... barlinglah semuanya.....ga tau kenapa....
Apalagi mau buka blogspot aja kita ga bisa......
Eh.... error yang dimunculkan.....
Problem Loading katanya....
kita pun aga kurang apalah....
Soalnya dengan ini kita bisa mencurahkan...
Segala keluh kesah kita yang bisa nantinya kita terus ingat...
TApi ga apalah..
Yang penting semangat terus.....
And Never Give Up....

You Can Not Win.......
If Do Not Begin.....

I like that words...

Pemaparan Misi dan Visi

Wednesday, November 21, 2007 0 pengkoment...
Malam ini tepat tanggal 21 November 2007 di kampus kami diadakan pemaparan Visi dan Misi untuk calon ketua dan wakil ketua BPHKM 2007/2008.

Acara ini dimulai pukul 08.00 PM sampai dengan selesai. Acara ini akan wajib dihadiri oleh mahasiswa PIDEL dan juga undangan dari Dosen dan Staf.

Calon yang ada cuma satu pasang saja, dan mengenai pemungutan suara tidak jadi dilakukan, karena itu terasa pemborosan saja, oleh karena itu langsung saja dilakukan pelantikan.

Tapi sebelum pelantikan, biasanya dilakukan pemaparan Visi dan Misi dan sekaligus diadakan sesi tanya jawab anatara calon dan mahasiswa serta terhadap dosen dan staff.

Acara ini dilaksanakan oleh suatu panitia yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pidel 2007.
Selamat saya ucapkan kepada calon, semoga mereka bisa mengabdikan diri dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya nantinya.

Good Luck BPHKM 2007/2008....!
Peace....!

Perjuangan pun dimulai lagi......

Sunday, November 18, 2007 0 pengkoment...
Separoh semester sudah terlewati....
Dan separohnya pun akan datang lagi......
Besok adalah langkah untuk hal ini......
Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari...
Apakah makin berat....
Atau makin mudah....
Ya...
Tidak tahulah aku...
Yang pasti menurutku....
Belajar itu ibarat sebuah permainan....
Semakin naik levelnya....
Semakin susah berbagai hal yang dihadapi......
Begitu juga dengan belajar.....
Semakin kita naik ke tingkat yang lebih tinggi .....
Mungkin hal yang kita hadapi pun akan semakin rumit kelihatannya....
Tapi kalu kita mampu menghadapi itu semuanya....
Kesulitan itu tak ada duanya.....
Semuanya aka terasa biasa-biasa saja.
Mari kita awali lagi ....
Perjuangan kita selanjutanya.....
dan berusaha yang lebih baik....
Dari waktu-waktu sebelumnya.

Spirit......!!!!




Program Open Source

Saturday, November 17, 2007 0 pengkoment...
Hari ini selama satu harian penuh gue ikut ngawas pelatihan guru-guru dan siswa-siswi se-Tobasa yang diselenggarakan di Kampus Politeknik Informatika Del. Acara ini adalah program kerja dari IGOS (Indonesia Go Open Source) yang didukung oleh MenRistek.
Acara itu berlangsung selama dua hari yang diikuti sebanyak 200 orang peserta. Acara itu dimulai pada hari Jumat kemarin dan diakhiri tadi sore.

Acara pelatihan ini bertujuan untukk mengenalkan kepada masyarakat terutama untuk guru-guru dan siswa-siswi yang ada di Tobasa mengenai Open Source. Dan yang digunakan dalam Training ini sebagai SOnya adalah Edubuntu.

Open Source maksudnya bahwa aplikasi itu bisa didistribusikan dan dikembangkan oleh siapa pun. Disini juga dikenalkan kepada mereka bahwa tidak hanya Windows saja ada yang ada di kenal mereka selama ini, tetapi ada juga Linux sama seperti Windows.

Selama pelatihan ini semuanya serius mengikutinya. Namun ada satu hal yang menjadi masalah, yaitu karena menggunkan LiveCD, ya... otomatis cukup lumayan lambatlah untuk beberapa bagian komputer karena resourcesnya kurang. Tapi iti bukan merupakan suatu hambatan bagi mereka untuk lebih mengenal apa itu open source.

Pada hari pertama mereka dikenalkan feature-feature yang ada di Edubuntu, pengenalan Dekstop, LoggOff/Shutdown, Membuat dan hapus file, pengenalan kepada open office.org, pegelola gambar yang ada di Edubuntu (namanya GIMB sedangkan untuk Windows ini dikenal dengan Adobe Photoshop), pengenalan aplikasi Edukasi yang ada di Edubuntu, video, Game dan sbgnya.

Pada akhir program para peserta diminta pesan dan kesannya selama training berlangsung yang dituliskan pada lembaran karton yang khusus dibuat panitia.
Selamat untuk OpenSource yang akan bisa menyaingi Windows.....

Abraham Lincoln

0 pengkoment...
Habis siap ujian kemarin sore gua baca-baca buku di perpustakaan.
Ya... cari kesibukanlah, soalnya uda pada suntuk nih... gara-gara UTS yang satu minggu ni.
Disana kebetulan saya melihat buku mengenai sejarah hidup Abraham Lincoln presiden AS yang ke -16.
Pertama-tama gue agak malas juga sih bacanya, tapi gara-gara bukunya itu bentuknya dalam bentuk komik, tertarik juga aku bacanya. Setelah saya baca keseluruhannya, wah... seru dan tragis juga kehidupan Abraham Lincoln ini.
Memang saya uda sering dengar bahwa Pres. AS yang ke 16 ini mati ditembak. Tapi baru tadilah aku bisa baca lengkap sejarah hidupnya dan sangat menyentuh sekali kehidupan yang dia jalani dan apa penyebab makanya dia ditembak.

Dia seorang anak yang rajin, suka menolong, kuat, perhatian, rajin, dan wawasannya luas. Dia berasal dari keluarga petani dan tempat tinggalnya sering berpindah-pindah karena alasan kehidupan. Yang paling saya salut adalah bahwa dia berusaha untuk mengahpuskan perbudakan di daerah Amerika dan mencegah perpecahann yang terjadi di Amerika. Beliaulah yang membuat orang kulit hitam diakuai di AS dan dibebaskan dari perbudakan.

Berikut adalah Biography hidupnya:

Abraham Lincoln

Lincoln warned the South in his Inaugural Address: "In your hands, my dissatisfied fellow countrymen, and not in mine, is the momentous issue of civil war. The government will not assail you.... You have no oath registered in Heaven to destroy the government, while I shall have the most solemn one to preserve, protect and defend it."

Lincoln thought secession illegal, and was willing to use force to defend Federal law and the Union. When Confederate batteries fired on Fort Sumter and forced its surrender, he called on the states for 75,000 volunteers. Four more slave states joined the Confederacy but four remained within the Union. The Civil War had begun.

The son of a Kentucky frontiersman, Lincoln had to struggle for a living and for learning. Five months before receiving his party's nomination for President, he sketched his life:

"I was born Feb. 12, 1809, in Hardin County, Kentucky. My parents were both born in Virginia, of undistinguished families--second families, perhaps I should say. My mother, who died in my tenth year, was of a family of the name of Hanks.... My father ... removed from Kentucky to ... Indiana, in my eighth year.... It was a wild region, with many bears and other wild animals still in the woods. There I grew up.... Of course when I came of age I did not know much. Still somehow, I could read, write, and cipher ... but that was all."

Lincoln made extraordinary efforts to attain knowledge while working on a farm, splitting rails for fences, and keeping store at New Salem, Illinois. He was a captain in the Black Hawk War, spent eight years in the Illinois legislature, and rode the circuit of courts for many years. His law partner said of him, "His ambition was a little engine that knew no rest."

He married Mary Todd, and they had four boys, only one of whom lived to maturity. In 1858 Lincoln ran against Stephen A. Douglas for Senator. He lost the election, but in debating with Douglas he gained a national reputation that won him the Republican nomination for President in 1860.

As President, he built the Republican Party into a strong national organization. Further, he rallied most of the northern Democrats to the Union cause. On January 1, 1863, he issued the Emancipation Proclamation that declared forever free those slaves within the Confederacy.

Lincoln never let the world forget that the Civil War involved an even larger issue. This he stated most movingly in dedicating the military cemetery at Gettysburg: "that we here highly resolve that these dead shall not have died in vain--that this nation, under God, shall have a new birth of freedom--and that government of the people, by the people, for the people, shall not perish from the earth."

Lincoln won re-election in 1864, as Union military triumphs heralded an end to the war. In his planning for peace, the President was flexible and generous, encouraging Southerners to lay down their arms and join speedily in reunion.

The spirit that guided him was clearly that of his Second Inaugural Address, now inscribed on one wall of the Lincoln Memorial in Washington, D. C.: "With malice toward none; with charity for all; with firmness in the right, as God gives us to see the right, let us strive on to finish the work we are in; to bind up the nation's wounds.... "

On Good Friday, April 14, 1865, Lincoln was assassinated at Ford's Theatre in Washington by John Wilkes Booth, an actor, who somehow thought he was helping the South. The opposite was the result, for with Lincoln's death, the possibility of peace with magnanimity died.

Taken from http://www.whitehouse.gov

Ujian terakhir...

Friday, November 16, 2007 0 pengkoment...
Ternyata siap juga bah UTS yang berlangsung selama lima hari ini.
Ujian terakhir yang dilangsungkan adalah Religion and Ethnics yang berlangsung pada siang hari setelah selesai makan siang.

Pada ujian terakhir ini lumayan mengasyikkan juga. Pertanyaan yang diujikan sebanyak 5 soal dan waktu yang dikasih selama 120 menit. Tetapi belum ujiannya berlangsung separuh waktu yang disiapkan. Wah.... uda pada ada yang siap dan mengumpulkan kertas jawabannya.
Hebat kali pikirku.....!
Kayaknya setiap orang belomba untuk siap dan yang mengakibatkan hal ini juga adalah karena materi ujiannya ini sudah dikasih dulunya untuk dikerjakan sebelum UTS berlangsung.
Dan soal ujiannya itu berasal dari situ. Ya... siapa yang baca materinya dan hafal semua jawabannya ya..... otomatislah bisa ngejawabnya and cepat ngumpulnya....

Pokoknya ujian terakhir ini lumayan menyenangkanlah, apalagi ini merupakan hari terkahir tuk UTS-nya, ditambah lagi besok harinya libur.... Mantap deh....

Hasil

Thursday, November 15, 2007 0 pengkoment...
Ternyata lewat juga yang namanya ujian dan tantangan yang harus dihadapi selama satu minggu ini. Namun ada satu lagi, yaitu RE (Religion and Ethnics). Ya... gimanalah mau dibilang, agak santailah keadaannya dari yang sebelumnya. Soalnya cuma satu pelajaran saja dan waktu ujiannya pada siang hari, so masih ad waktu luang dong... besok harinya dan untuk malam ini.

Selama ujian berlangsung, memang penuh dengan perjuangan.
Tiap mata pelajaan yang dihadapi pasti berbedalah situasi yang dihadapi pula.
Hal ini diakibatkan setiap mata pelajaran itu berbeda-beda tingkat kesulitannya dan bentuk soalnya. Mata kuliah yang diujiakan kepada kami ada 7 mata pelajaran.

Mata pelajaran tersebut adalah:
OOP (Object Oriented Programming)
IIS (Intoduction to Information System)
SE (Software Engineering)
DP (Data Processing)
ENG III (English Language III)
CN (Computer Network)
RE (Religion and Ethnics)

Persiapan untuk mengahadapi yang namanya ujian itu adalah suatu hal yang sangat penting diperhatikan. Mental dan Kesehatan itulah suatu hal yang paling menurut saya dari antara hal-hal yang ada.
Setiap orang pasti berbeda kemampuannya dalam menghadapi suatu hal, ada orang itu yang biasa-biasa saja, serius, santai, pokoknya macam-macamlah. Adakalanya kita sudah berusaha dengan semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik, namun hasil yang kita harapkan kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
Mungkin hal seperti inilah yang dihadapi banyak orang saat ini, termasuk saya sendiri.
Namun apapun hasilnya, kita tinggal melihat saja, yang pasti kita telah memberikan yang terbaik.

Dag...dig...dug....

Sunday, November 11, 2007 0 pengkoment...
Jantung inipun....
Mulai dag...dig...dug...
Menanti ujian yang akan..
Yang akan nongol di besok hari....
Ayo semangat jadi kan yang terbaik...
Dan berusaha keras...
dan yakin bahwa engkau mampu...
Berusahalh semaksimal mungkin...
Buatlah patokanmu.....
>= B......
().................................()
kalo ga jangan ada penyesalan....
Itulah patokanku sekarang ini......

Bersiaplah....

Saturday, November 10, 2007 0 pengkoment...
Bersiaplah untuk jadi pemenang ...
Begitulah yang dikatakan sebagian lagu dari Sheila on7.
Satu hari lagi aku akan menghadapi yang namanya UTS (Ujian TEngah Semester).
Ujian permulaan akan dimulai dengan mata pelajaran pemrograman JAVA.
Ya.... bahasa ini merupakan bahasa yang object oriented. Semuanya didasarkan atas objek katanya.
Hayo..... serbu......
Mari maju bersama dan kita tunjukkan semangat juang.....
Kebetulan hari ini... hari Pahlawan....
Tanggal 10 November 2007...
Mari kita tiru semangat dari para pahlawan kita yang memperjuangkan untuk merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan kita ini.... Negara Republik Indonesia......
Jadilah pemenang.....


Pemenang

Tiba saat kita bangkit
Berlari ke pentas dunia
Batuh dan jatuh itu
Hal yg biasa terjadi

Bersiaplah, bersiaplah

Tanpa pandang warna kulit
Atau belahan dunia
Semua punya kesempatan
Lakukan yang terbaik

Bersiaplah, bersiaplah
Berjuang tuk menjadi pemenang
Bersiaplah, bersiaplah
Persaingan di depan semakin berat

Jangan sampai mereka
Jatuhkan nyali kita
Tunjukkan pada mereka
Siapa diri kita

Bersiaplah, bersiaplah
Berjuang tuk menjadi pemenang
Bersiaplah, bersiaplah
Persaingan di depan semakin berat

Lewat juga.....

Wednesday, November 07, 2007 0 pengkoment...
Semalam merupakan suatu tantangan yang sungguh berat yang saya hadapi. Dimana kemarin adalah suatu perjuangan yang tak terlupakan saya kira. Ya.... gimanalah... mau dibilang. Butuh suatu pengorbanan dan hati yang tulus dan ikhlaslah supaya apa yang kita dapat berjalan dengan yang baik. Kemarin kami harus menyiapkan suatu dokumen yang merupakan hasil design dari proyek yang kami buat. Adapun proyek yang kami buat adala Aplikasi HTML Checker. Aplikasi ini berguna untuk membantu seorang web programmer yang masih muda atau bisa dibilang yang masih pemulalah. Aplikasi ini juga bisa dipakai oleh siapa saja memang. Tapi ini khusus untuk yang masih pemulalah, kalau sudah yang mahir ngapain pala repot mempergunakannya. Dengan aplikasi ini seorang web programmer bisa dibantu untuk mencari kesalahan struktur HTML dan kesalahan penulisan tag-tag HTML. Proyek ini sudah berjalan kira-kira sudah lima minggu dan sekarang menjalani minggu keenam. Dimana tiap minggunya itu penuh dengan macam-macam persolanlah yang diterima yaitu mulai dari minggu pertama untuk pembagian kelompok proyek, pembuatan nama kelompok dan slogannya, pembagian tugas- masing-masing anggota kelompok, dan aturan-aturan yang akan berlaku dalam kelompok tersebut selama proyek ini berjalan nantinya. Adapun kami dalam satu kelompok ada lima orang, dimana setiap orang memiliki tugas yang berbeda-beda, namun saling koordiasi. Pembagiaanya adalah,
  • 1 Orang sebagai Proyek Manager, yaitu orang yang bertanggung jawab atas proyek yang ada dan keberlangsungannya, mengkoornir setiap anggota yang ada, mengawasi setiap pekerjaan anggota dan bagaiman sudah perkembangannya dan apa-apa saja yang sudah dicapai setiap minggunya, membuat perencanaan dan jadwal kerja yang akan dilakukan.
  • 2 Orang Sebagai Sistem Analist, yaitu orang yang akan melakukan requerment gathering, yaitu mengumpulkan segala informasi dan fakta-fakta yang berhubungan dengan aplikasi atau sistem yang akan dibangun, kemudian membuat perumusannya dan gamabran aplikasi yang akan dibangun. Pokoknya proyek berwal dari bagian inilah.
  • 1 Orang sebagai Desingner, orang yang akan membuat design dari aplikasi yang akan dibuat sesuai dengan hasil analisis untuk dimplementasikan oleh seorang programmer. Hal ini juga berguna untuk membantu programmer melakukan implementasi.
  • 1 Orang sebagai Programmer, yaitu orang yang mengimplementasikan aplikasi. Orang inilah yang paling banyak berhubungan dengan aplikasi untuk membuat pengkodingan. Mengimplementasikan hasil design ke aplikasi yang sebenarnya.
  • Dan yang terakhir adalah testing dan QA (Qualited Assurance) yaitu semua anggota kelompok. Setelah aplikasi selesai dibangun maka perlu ditesting, apakah sudah berjalan dengan baik, mencari bu-bug yang ada dan memperbaikinya. Pada QA berguna utuk mengetahui apakah aplikasi yang dibangun sesuai denagn permintaan user dan memenuhi standar aplikasi yang ada.
Memang tiap minggunya penuh dengan perjuangan, tapi hari kemarin untuk minggu ini mengenai design adalah yang paling parah kurasakan. Bayangkan pemberitahuan baru ada pada pagi harinya sesudah sekitar jam 11 siang, padahal presentasi hasil design akan dilaksanakan pukul 3 sorenya. Wah... gawatlah semua, dokumen SDDnya belum siap dan harus diprint, membuat slide lagi, membuat design layout aplikasi, membuat algorithma dari fungsi-fungsi yang ada. Wahh ribet kalilah. Dan itu pun harus dikerjakan dalam waktu sekitar dua jamlah. Untunglah kebetulan pada sekitar jam satu - jam tiga lagi tidak ada masuk kuliah, ya disitu waktu yang cocok, manatp tenang. Penuh dengan perjuangan dibarengi tekanan karena waktu yang semakin mepet. Ya... gitulah yang namanya belajar..... Belajar SENG... Software Engineering bos.....!

Ada apa...?

Sunday, November 04, 2007 0 pengkoment...
Hari-hari yang kujalani ini terasa sangat membebaniku....
Aku tak tahu mengapa seperti ini....
sudah beberapa waktu ini aku jalani seperti ini.....
Aku merasa ada sesuatu yang sangat tidak aku tak tahu....
Tapi...apa itu....
Aku tak pernah tahu...
Kucoba ingin tahu ...
Tapi tak pernah bisa.....
Apakah ....
Ini merupakan suatu pertanda bagiku....
Bahwa aku harus introspeksi diri.....
Suapaya aku lebih memahami apa artinya hidup ini....
Bagaimana menghargai hidup yang ada....
Supaya semunya dapat berjalan dengan ....
Sesuai kehendak Yang Maha Kuasa......

Persiapan UTS 12-16 Nov 2007

Thursday, November 01, 2007 0 pengkoment...
Semalam kami megadakan talk show untuk Persiapan UTS 12-16 Nov 2007 yang dibawakan oleh Ibu Inge, direktur di seklah kami. Disana juga dihadiri beberapa dosen yang mendampingi beliau untuk memberikan berbagai nasehat dan arahan untuk para anak didiknya.

Talk Show tersebut dihadiri oleh mahasiswa tingkat I dan II, sedangkan untuk tingkat tiga akan diadakan keesokan harinya.

Pada acara tersebut, beliau memberikan berbagai arahan, nasehat, tips dan trik, bagaimana persiapan UTS yang baik itu, menceritakan pengalaman-pengalamannya serta pengalaman anak didiknya dahulunya.

Acara dimulai dengan sesi presentasi oleh ibu Inge bagaimana persiapan UTS yang baik, setelah itu beliau memberikan beberapa masukan dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab anatara mahasiswa dengan dosen dan kemudian sesama mahasiswa. Yaitu mahasiswa tingkat I memberi pertanyaan dan mahasiswa tingkat II akan menjawabnya dan begitulah sebaliknya.

Suasana acara tersebut happy fun aja, karena tidak ada yang namanya penekanan tapi enjoy aja dan penuh dengan canda tawa yang diberikan beliau, so mahasiswa pun bisa tertawa.

Acaranya berlangsung kurang lebih dari satu jam, dan itu pun tak terasa. Dari hasil pertemuan tersebut dihasilkan beberapa hal penting yang perlu dilaksanakan dan dibuat. Salah satunya adalah pembentukan Group belajar sebelum UTS dan akan berlangsung seterusnya. Mahasiswa bebas menggunakan ruangan diskusi, bisa kelompok kecil, minta tutorial dari dosen bersangkutan asalkan dikonfirmasi terlebih dahulunya.

Satu hal paling menarik menurut saya adalah perkataan beliau yang mengatakan, "Apabila anda tidak bisa membuat program Hello World dalam waktu 5 menit tanpa error dan lulus kompile, maka anda sudah mantap, tapi kalau tidak maka anda perlu memperhatikan cara belajar anda."

Semoga UTS nantinya yang akan berlangsung kira-kira satu minggu lagi berjalan sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Spirit ..... Spirit.....
Compile Error.....! No.......

Everythings

Monday, October 29, 2007 0 pengkoment...
Nothing impossible happens in this world.
Everything is possible.
Only God knows what the human thinking about.

Sial

Sunday, October 28, 2007 0 pengkoment...
Ini hari ada kawan disampingku..
Sial kali aku lihat...
Kayakina-ian kuliaht..
Merepet janda aja kerjaannya.
Namanya yaitu berinisial AL.
So be carefull.

Pemilihan BPHKM

Saturday, October 27, 2007 1 pengkoment...
Ini malam kami berkumpul mengenai rencana pemilihan ketua dan wakil ketua BPHKM yang baru untuk thun ajaran 2007/2008 karena sebentar lagi masa jabatan BPHKM yang lama akan berakhir.
Dari beberapa hari yang telah ditetapkan untuk pendaftaran calon yang baru, hanya satu calon yang naik untuk mencalonkan diri dan sampai keputusan terakhir. Oleh karena itu calon tersebut menjdai calon tunggal dan akan langsung dilantik. Tapi sebelumnya itu semua, calon tersebut akan melakukan debat mahasiswa yang lain, BPHKM yang lama dan dosen kemahasiswaan. Ngeri juga ya... disangka tidak ada apa-apa lagi ternyata masih ada. dari sini mereka akan diuji sejauh mana karakter mereka, apakah mereka pantas atau tidak untuk menduduki jabatan selanjutnya.
So....
Marilah kita dukung calon BPHKM yang baru dan dukung semua program kerja yang akan mereka lakukan.

Good Luck for you the new BPHKM.

Initial

0 pengkoment...
A
You are not particularly romantic, but you are interested in action.
You mean business. With you, what you see is what you get.
You have no patience for flirting and can't be bothered with someone who is trying to be coy,
cute, demure, and subtly enticing. You are an up-front person. When it comes to sex,
it's action that counts, not obscure hints. Your mate's physical attractiveness is important to you.
You find the chase and challenge of the "hunt" invigorating. You are
passionate and sexual as well as being much more adventurous than you
appear; however, you do not go around advertising these qualities.
Your physical needs are your primary concern.

B
You give off vibes of lazy sensuality. You enjoy being romanced, wined,
and dined. You are very happy to receive gifts as an expression
of the affection of your lover. You want to be pampered and know how to
pamper your mate. You are private in your expression of endearments,
and particular when it comes to lovemaking. You will hold off until
everything meets with your approval. You can control your appetite and
abstain from sex if need be. You require new sensations and
experiences.You are will to experiment.

C
You are a very social individual, and it is important to you to have a
relationship. You require closeness and togetherness.
You must be able to talk to your sex partner - before, during, and after.
You want the object of your affection to be socially acceptable and good-looking.
You see your lover as a friend and companion. You are very sexual and sensual,
needing someone to appreciate and almost worship you. When this cannot be achieved,
you have the ability to go for long periods without sexual activity.
You are an expert at controlling your desires and doing without.

D
Once you get it into your head that you want someone, you move full
steam ahead in pursuit. You do not give up your quest easily. You are
nurturing and caring. If someone has a problem, this turns you on. You
are highly sexual, passionate, loyal, and intense in your involvements,
sometimes possessive and jealous. Sex to you is a pleasure to be enjoyed.
You are stimulated by the eccentric and unusual, having a free and open attitude.

E
Your greatest need is to talk. If your date is not a good listener, you
have trouble relating. A person must be intellectually stimulating
or you are not interested sexually. You need a friend for a lover and a
companion for a bed mate. You hate disharmony and disruption,
but you do enjoy a good argument once in a while-it seems to stir things up.
You flirt a lot, for the challenge is more important than the sexual act for you.
But once you give your heart away, yo are uncompromisingly loyal.
When you don't have a good lover to fall asleep with, you will fall asleep with a good book.
(Sometimes, in fact, you prefer a good book.)

F
You are idealistic and romantic, putting your lover on a pedestal. You
look for the very best mate you can find. You are a flirt, yet once
committed, you are very loyal. You are sensuous, sexual, and privately
passionate. Publicly, you can be showy, extravagant, and gallant. You
are born romantic. Dramatic love scenes are a favorite fantasy pastime.
You can be a very generous lover.

G
You are fastidious, seeking perfection within yourself and your lover.
You respond to a lover who is your intellectualy equal or superior, and
one who can enhance your status. You are sensuous and know how to reach the peak of erotic stimulation,
because you work at it meticulously. You can be extremely active sexually-that is, when you find the time.
Your duties and responsibilities take precedence over everything else.
You may have difficulty getting emotionally close to a lover, but no trouble getting close sexually.

H
You seek a mate who can enhance your reputation and your earning ability.
You will be very generous to your lover once you have attained
a commitment. Your gifts are actually an investment in your partner.
Before the commitment, though, you tend to be frugal in your spendingand dating habits,
and equally cautious in your sexual involvements. You are a sensual and patient lover.

I
You have a great need to be loved, appreciated... even worshipped.
You enjoy luxury, sensuality, and pleasures of the flesh. You look for lovers who know what they are doing.
You are not interested in an amateur, unless that amateur wants a tutor. You are fussy and
exacting about having your desires satisfied. You are willing to
experiment and try new modes of sexual expression. You bore easily and thus require sexual adventure and change.
You are more sensual than sexual,but you are sometimes downright lustful.

J
You are blessed with a great deal of physical energy. When used for
lovemaking, there is nothing to stop you, except maybe the stamina
of your partner. (You could have danced all night.) You respond to the
thrill of the chase and the challenge of the mating game.
You can carry on great romances in your head.
At heart you are a roamer and need to set out on your own every so often.
You will carry on long-distance relationships with ease. You are idealistic and need to believe in love.
The sex act seems to satisfy a need to be nurtured deep within.

K
You are secretive, self-contained, and shy. You are very sexy,
sensual, and passionate, but you do not let on to this.
Only in intimate privacy will this part of your nature reveal itself.
When it gets down to the nitty-gritty, you are an expert.
You know all the little tricks of the trade, can play any role or any game,
and take your love life very seriously. You don't fool around.
You have the patience to wait for the right person to come along.

L
You can be very romantic, attached to the glamour of love.
Having a partner is of paramount importance to you.
You are free in your expression of love and are willing to take chances,
try new sexual experiences and partners, provided it's all in good taste. Brains turn you on.
You must feel that your partner is intellectually stimulating,
otherwise you will find it difficult to sustain the relationship.
You require loving, cuddling, wining, and dining to know that you're being appreciated.

M
You are emotional and intense. When involved in a relationship, you
throw your entire being into it. Nothing stops you; there are no holds bar.
You are all-consuming and crave someone who is equally passionate and intense.
You believe in total sexual freedom. You are willing to try anything and everything.
Your supply of sexual energy is inexhaustible. You also enjoy mothering your mate.

N
You may appear innocent, unassuming, and shy; but we know that
appearances can lie. When it comes to sex, you are no novice but something of a skilled
technician. You can easily go to extremes, though, running the gamut
from insatiability to boredom with the whole idea of sex.
You can be highly critical of you mate, seeking perfection in both of you.
It is not easy to find someone who can meet your standards.
You have difficulty expressing emotions and drawing close to lovers.

O
You are very interested in sexual activities yet secretive and shy
about your desires. You can re channel much of your sexual energy into
making money and/or seeking power. You can easily have extended
periods of celibacy. You are a passionate, compassionate, sexual lover,
requiring the same qualities from your mate. Sex is serious business;
thus you demand intensity diversity, and are willing to try anything or
anyone.Sometimes your passions turn to possessiveness, which must be kept in check.

P
You are very conscious of social proprieties. You wouldn't think of
doing anything that might harm your image or reputation. Appearances count.
Therefore, you require a good-looking partner. You also require an intelligent partner.
Oddly enough, you may view your partner as your enemy...a good fight stimulates those sex vibes.
You are relatively free of sexual hang-ups. You are willing to experiment and try new ways of doing things.
You are very social and sensual; you enjoy flirting and need a good deal of physical gratification.

Q
You require constant activity and stimulation. You have tremendous
physical energy. It is not easy for a partner to keep up with you,sexually or otherwise.
You are an enthusiastic lover and tend to be attracted to people of their ethnic groups.
You need romance, hearts and flowers, and lots of conversation to turn you on and keep you going

R
You are a no-nonsense, action-oriented individual. You need someone who
can keep pace with you and who is your intellectual equal-the smarter the better.
You are turned on more quickly by a great mind than by a great body.
However, physical attractiveness is very important to you. You have to be proud of your partner.
You are privately very sexy, but you do not show this outwardly.
If your new lover is not all that great in bed,you are willing to serve as teacher.
Sex is important; you can be a very demanding playmate.

S
For you, it is business before pleasure. If you are in any way
bothered by career, business, or money concerns, you find it very hard to relax and get into the mood.
You can be romantically idealistic to a fault and are capable of much sensuality.
But you never lose control of your emotions. You are very careful and cautious
before you give your heart away-and your body,for that matter. Once you make the commitment,
though, you stick like glue.

T
You are very sensitive, private, and sexually passive; you likea partner who takes the lead.
You get turned on by music, soft lights, and romantic thoughts. You fantasize and tend to fall in and out of love.
When in love, you are romantic, idealistic, mushy, and extremely changeable.
You enjoy having your senses and your feelings stimulated, titillated, and teased.
You are a great flirt. You can make your relationships fit your dreams, all in your own head.

U
You are enthusiastic and idealistic when in love. When not in love,you are in love with love,
always looking for someone to adore. You see romance as a challenge. You are a roamer and need adventure,
excitement, and freedom. You deal in potential relationships.
You enjoy giving gifts and enjoy seeing your mate look good.
Your sex drive is strong and you desire instant gratification.
You are willing to put your partner's pleasures above your own.

V
You are individualistic, and you need freedom, space, and excitement.
You wait until you know someone well before committing yourself. Knowing someone means positing him out.
You feel a need to get into his head to see what makes him tick.
You are attracted to eccentric types. Often there is an age difference between you and you lover.
You respond to danger, thrills, and suspense. The gay scene turns you on,
even though you yourself may not be a participant.

W
You are very proud, determined, and you refuse to take no for an answer
when pursuing love. Your ego is at stake. You are romantic, idealistic, and often in love with love itself,
not seeing your partner as he or she really is. You feel deeply and throw all of yourself into your relationships.
Nothing is too good for your lover. You enjoy playing love games.

X
You need constant stimulation because you bore quickly. You can handle
more than one relationship at a time with ease. You can't shut off your
mind. You talk while you make love. You can have the greatest love affairs, all by yourself, in your own head.

Y
You are sexual, sensual, and very independent. If you can't have it
your way, you will forgo the whole thing. You want to control your
relationships, which doesn't always work out too well. You respond to
physical stimulation, enjoy necking and spending hours just touching,
feeling, and exploring. However, if you can spend your timemaking money,
you will give up the pleasures of the flesh for the moment. You
need to prove to yourself and your partner what a great lover you are.
You want feedback on your performance. You are an open stimulating, romantic bed mate.

Z
You are very romantic, idealistic, and somehow you believe that to
love means to suffer. You wind up serving your mate or attracting people who have unusual troubles.
You see yourself as your lover's savior. You are sincere, passionate, lustful, and dreamy.
You can't help falling in love. You fantasize and get turned on by movies and magazines.
You do not tell others of this secret life, nor of your sexual fantasies. You are easily aroused sexually...

Mengenal Java

0 pengkoment...

Berdasarkan website resmi SUN Java, Java merupakan sebuah bahasa pemrograman dan juga merupakan sebuah platform.

Java sebagai sebuah bahasa pemrograman merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang:

  • Sederhana,
  • Berorientasi Obyek,
  • Terdistribusi,
  • Multithreaded,
  • Dinamis,
  • Architecture Neutral,
  • Portable,
  • Performansi Tinggi,
  • Robust, dan
  • Secure

Sedangkan Java sebagai platform merupakan platform perangkat lunak semata (platform adalah lingkungan perangkat keras atau perangkat lunak dimana program berjalan) yang berjalan di atas platform berbasis perangkat keras lainnya. Platform Java memiliki dua buah komponen, yaitu:

  • Java Virtual Machine (JVM), dan
  • Java Application Programming Interface

Platform Java ada tiga, yaitu:

Pembaca yang tertarik untuk mempelajari Java sebaiknya memulai dengan mempelajari Java Standard Edition (JSE), karena merupakan dasar untuk mempelajari platform lainnya (JME dan JEE). Selain itu, pembaca juga sangat disarankan untuk mempelajari konsep-konsep Pemrograman Berorientasi Obyek karena akan sangat membantu dalam mempelajari bahasa pemrograman Java (dan juga mempermudah dalam mempelajari bahasa pemrograman berorientasi obyek lainnya, seperti C++, Smalltalk, dll).

Bacaan lebih lanjut:

Gandhi Manalu
Sitoluama, 04 September 2007

Taken from http://mail.del.ac.id/~gandhi/

Lewat juga...

Friday, October 26, 2007 0 pengkoment...
Wah.....
Lewat juga ini hari....
Hari jumat yang sungguh menyebalakan....
Ini hari penuh dengan aktivitas yang sangat padat...
Mulai dari pengerjaan tugas dan pengumpulannya ...
Serba buru-buru....
Ditambah lagi persiapan presentasi dan pengeditan semua dokumen...
Merevisi dookumen...
Ditambah lagi pengumpulan tugas lagi nanti malamnya...
Ditambah lagi janji pengiriman logo yang belum kunjung terlaksana....

Ah....
Stress.... kali bah ini hari...
Penuh dengan perjuangan ...
Sampai-sampai kebaktian pun ngga....
Padahal uda berapa kali gue ga kebaktian dalma beberapa pekan ini...
Ini semuan diakibatkan oleh satu hal yang sama....
Yaitu Seng yang super jitu dan heboh.....

Tapi semunay ternyata terlewati juga...
Meskipun hasil yang kita harapkan ....
Tak sesuai dengan yang kita harapkan juga...
Memang uda seperti itu kenyataanya...

So mari...
Mari bersama.....
Lupakan semunya ....
Segala stres....
Karena ini sudah akhir pekan...
Kita bisa agak fre.. dulu kali ini.....

Pengumpulan tugas

Thursday, October 25, 2007 0 pengkoment...
Wahh....
Selesai juga pengumpulan tugas Java yang sungguh menyebalkan ini bah.........
Tapi... datang lagi proyek Seng besok harinya..
Ah..h....hhh..
Mengumpulkan dokumen URS dan presentasi untuk hal itu....
Ada-ada aja bah...
Tiada habis-habisnya masalah ini.....
Ya....
Memang harus gitulah yang belajar nih.....
Tapi kalo uda pada hang... otak ini...
Apa pun tak bisa berjalan ...
Segala sesuatu itu akan terasa berat....
So mari semangat........
Ha...he...hi...ho...hu...

Hancur.........

Tuesday, October 23, 2007 0 pengkoment...
Ini hari ada Quis...
yaitu Quis Java.......
Hancur bah....
Gue tak tahu lagi gimana....
Ayo belajar kau lae............!

Perjalanan menuju liburan.......

Friday, October 05, 2007 0 pengkoment...
Beberapa hari lagi libuarn akan tiba, yaitu liburan untuk merayakan hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim selama dua minggu. Maka otomatis liburan dari masa perkuliahan pun adalah selama dua minggu kedepannya nanti.

Sebagai seorang anak kuliah, hal itu terasa bagai tak sebuah liburan. Mengapa?
Iya gimanalah.........., malahan dimasa liburan ini penuh dengan tugas-tugas yang akan datang membebani, baik itu tugas per bidang study, proyek, mengulang pelajaran, pokoknya komplitlah beban itu.
Hal yang paling menyebalkan adalah apa yang disebut namanya dengan Proyek. wah.... menyebalkan, kita dituntut untuk menyelesaikannya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat sebelumnya. jika hal itu tidak dilaksanakan, bahaya.........!
Kenapa...? Karena proyek ini memiliki bobot yang lumayan besar. Jika tak dilakukan , ya... gimanalah ya... mau dibilang. Yang pasti proyek harus sesuai dengan jadwal. satu hal lagi yang cukup sangat menyebalakn lagi adalah membuat dokumentasinya, susah kali bah... Kita harus bisa meramu kata-kata yang sifatnya teknis, sesuai dengan kebenaran, tidak mubajir, pokonya suatu dokumentasi yang teknislah sesuai dengan permintaan yang dilakukan.

Ya.... memang semunya itu harus kita lalui dengan sabar hati dan lapang dada, karenan semuanya itu pasti akan terlewati. Memnag proyek tersebut sangat menyebalkan ditambah dengan tugas-tugas yang lainnya. Tapi itu merupakan suatu pembelajaran bagi kita supaya kita bisa memahami hal tersebut. So janganlah kita langsung merasa terbebani ...... Enjoy aja.............

selamat liburan..........
Moga liburannya penuh dengan makna dan memilik kesan tersendiri.
Ok....!

Sergey dan Larry, Tokoh di Balik "Google"

Thursday, October 04, 2007 0 pengkoment...

Angkat topilah kepada Sergey Brin dan Larry (Lawrence) Page. Hanya dalam waktu 10 tahun lebih, mereka berhasil menempati posisi 10 besar warga terkaya di AS. Dari generasi orangtua yang relatif biasa, dua anak muda brilian ini menjadi bahan pembicaraan dan dianggap fenomenal.

Jangan salut pada kekayaan mereka, tetapi pada falsafah hidup dan niat mereka seperti googol; julukan bagi 100 angka nol di belakang angka 1 (satu). Ya, Google berasal dari kata googol yang diplesetkan.

Di situs milik majalah Moment, Mark Malseed menyebutkan dua orang ini bersahaja, pria baik-baik, dan tak terlena oleh kemewahan. Sergey (34) tak pernah bisa melihat makanan tersisa di piring. Demikian pula Larry (34), ia tak silau dengan atribut kemewahan, walau mereka kini memiliki pesawat pribadi Boeing 767 yang disulap menjadi rumah mewah untuk perjalanan mereka.

Google Inc berkantor di Googleplex, di selatan San Fransisco Bay. Majalah Fortune pernah menjuluki Googleplex sebagai tempat bekerja terbaik di AS pada tahun 2007. Suasana kekeluargaan, makanan gratis tiga kali sehari, lokasi perawatan bayi bagi ibu muda, serta kursi pijat elektronis pun tersedia.

Kedua orang ini bertemu ketika sama-sama belajar teknik komputer di Stanford University tahun 1995. Pertemuan itu ditandai dengan perdebatan, tetapi mereka tetap menjalin kontak dan terus saling beradu argumentasi.

Keduanya lalu mendirikan sergeyandlarry—proyek yang kemudian melahirkan Google, dimulai dari sebuah garasi di Menlo Park, California, milik Susan Wojcicki, yang kini menjadi Wakil Presiden Manajemen Produk Google. Susan adalah kakak Anne Wojcicki, istri Larry.

Situs ini khusus mendalami pencarian informasi hasil-hasil riset yang sudah dituangkan internet. Idenya sederhana. Di dunia akademis, Anda akan dianggap berkualitas dan makalah Anda lebih bernilai, jika semakin banyak mengutip hasil-hasil riset hebat.

Akan tetapi, butuh 5.700 tahun mencari informasi pada tiga miliar halaman Google yang ada sekarang. Pertanyaan mereka adalah bagaimana mendapatkan informasi itu dalam hitungan detik dengan hanya membuka satu situs bank data?

You Google it! (Anda cari saja di Google), demikian majalah Forbes pada edisi 26 Mei 2003, menceritakan sukses dari jerih payah duet ini.

Sebelum Google muncul, mencari informasi yang relevan di internet sama seperti berjalan pada malam gelap. Tahun 1998 Google.com muncul dan kini dianggap sebagai mesin pencari terbaik di dunia. Google menenggelamkan pamor Overture, LookSmart, InfoSpace, FindWhat dan Ask Jeeves.

Namun, jalan mereka menuju sukses tak mudah. Untuk mewujudkan Google, mereka harus meninggalkan kuliah pada program doktor komputer di Stanford. "Saya kecewa. Bukankah mahasiswa meraih gelar doktor lebih dulu baru bekerja?" demikian Genia Brin, ibu Larry.

Namun, Sergey dan Larry sangat yakin, ide mereka berguna bagi banyak orang dan bisa membuat orang menemukan apa saja yang diinginkan lewat internet. Sergey dan Larry terus berkutat mewujudkan ide mereka. Larry bahkan disebut sebagai "beragamakan" teknologi, saking seriusnya dengan riset teknologi komputer. Sergey, si anak rumahan, memilih bekerja terus.

Keluarga intelektual

Lingkungan kedua orang ini adalah orang-orang intelek. Ayah Sergey, Michael Brin, adalah doktor matematika lulusan Universitas Moskwa, Rusia. Kakeknya juga doktor matematika. Namun, diskriminasi dan impitan karier terhadap etnis Yahudi di Rusia membuat Michael Brin memilih keluar dari Moskwa tahun 1979. Ibu Sergei, Genia, periset di Badan Luar Angkasa Amerika Serikat NASA.

Larry adalah putra Carl Victor Page (almarhum), doktor komputer pertama AS dari University of Michigan dan profesor teknologi komputer di Michigan State University. Ibu Larry, Gloria Page, pengajar program komputer.

Adik Larry, Carl Victor Page Junior, pendiri eGroups yang sudah dijual ke Yahoo! sekitar 500.000 dollar AS.

Setelah mantap dengan temuan itu, keduanya melakukan demo singkat di depan Andy Bechtolsheim dari Sun Microsystems. Andy, imigran asal Jerman memberi cek 100.000 dollar kepada "Google Inc". Sebelumnya, Sergey sempat ditolak masuk Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Larry tertatih-tatih mencari donatur.

Pada akhir tahun 1990-an, tak ada yang peduli dengan mesin pencari (search engine) di tengah hadirnya American Online (AOL) dan Yahoo!, yang sudah meraup untung besar dengan menawarkan produk e-mail, berita, ramalan cuaca, dan sebagainya.

Namun, Sun Microsystems telah memberi mereka ruang gerak. Mereka terus mendalami produk pencari informasi, dengan melakukan segala modifikasi dan inovasi produk dari waktu ke waktu.

Belum sukses menjadi situs pencetak uang, tak membuat mereka mundur. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Google sudah banyak dijelajahi orang. Kini, sekitar 300 juta orang membuka Google setiap hari. Setidaknya Google bisa diakses dalam 88 bahasa, termasuk google basa jawa (berbahasa Jawa).

Sebelum sesukses sekarang, mereka membuat situs yang menghindari pop-up (muncul situs lain yang tidak Anda inginkan pada saat Anda mencari satu informasi di internet). Muncul pula Google Bar yang membuat Anda bisa mengakses informasi, walau sedang membuka situs lain karena Google otomatis tampil di situ.

Google lalu ditawari AOL iklan senilai satu miliar dollar AS atas kesediaan Google menampilkan iklan pada lembaran komputer, seiring dengan tampilnya informasi yang Anda cari di Google.

Wall Street, bursa saham AS, kemudian berebutan atas saham Google, yang kini di atas 500 dollar AS per lembar. GoogleWords, Google’sAdsense, membuat Google menjadi situs utama bagi perusahaan pemasang iklan.

Google adalah perusahaan fenomenal yang tidak pernah dibayangkan oleh warga AS sekalipun. "Menjadi yang terbaik tidak menjadikan kami terlena. Itu malah tantangan," kata Larry, Presiden Produk Google.

"Kesederhanaan (simplicity) web adalah yang disukai penjelajah internet. Kami ingin menawarkan web yang tidak saja ingin mencari informasi, tetapi web yang menyenangkan," kata Sergey, Presiden Teknologi Google.

Bagaimana mereka bisa sukses? "Cerita orangtua soal Rusia, dan pengalaman masa kecil saya yang selalu takut menghadapi otoritas di Rusia. Juga kesediaan ayah saya mengambil risiko hijrah ke AS telah membuat saya memberontak," ujar Sergey melukiskan niatnya untuk menghapus kekecewaan sang ayah soal Rusia.

Suatu saat, di samping ayahnya, Sergey berujar, "Terima kasih, Pak, telah membawa saya ke AS."

Michael, ayah Sergey, merendah. "Ide kewirausahaan Sergey pasti tidak datang dari latar belakang kehidupan keluarga. Akan tetapi, saya bangga, tak pernah menyangka dia akan seperti ini," kata Michael.

Namun, sukses bisnis Google juga dipoles setelah Sergey dan Larry menyewa Eric E Schmidt, mantan karyawan Sun Microsystems. Di balik sukses inovasi Google juga ada sekian banyak doktor matematika dengan lulusan terbaik.

BIODATA

Nama: Lawrence (Larry) Page
Lahir: Lansing, Michigan, AS, 26 Maret 1973
Status: Pendiri dan menjabat sebagai Presiden Produk-produk Google Inc
Kekayaan bersih: 18,5 miliar dollar AS (2007), nomor lima terkaya di AS bersama Sergey berdasarkan majalah Forbes, Maret 2007
Sekolah: SD, SMP Montessori, Lansing, Michigan. SMA dari East Lansing. Sarjana Muda dari University of Michigan bidang teknik komputer, gelar master dari Stanford University
Penghargaan: Global Leader for Tomorrow dari The World Economic Forum

Nama: Sergey Brin
Lahir: Moskwa, Rusia, 21 Agustus 1973. Pada 1979 keluarganya bermigrasi ke Maryland, AS
Sekolah: SD, SMP di Paint Branch Montessori School, Adelphi, Maryland. SMA di Eleanor Roosevelt, gelar master dari University of Maryland, bidang matematika. Dia mendapat beasiswa dari National Science Foundation untuk belajar di Stanford University, bidang komputer. Sama seperti Larry, ia meninggalkan program doktor untuk mendalami Google
Penghargaan: Januari 2005 ia bersama Larry Page dinominasikan sebagai Young Global Leaders oleh World Economic Forum. Tahun 2007 ia dinyatakan sebagai nomor satu dari 50 orang terpenting di web
Istri: Anne Wojcicki, menikah di Bahamas, 2007


Penulis: Kompas/Simon Saragih
From kompas.com

SAHABAT...

0 pengkoment...
Hidup ini begitu sulit untuk kulukiskan..
Terlalu banyak warna yang hendak memberi makna..
Membuatku lelah hingga tak sanggup berdiri..

Hidup begitu sulit untuk kunikmati..
Terlalu banyak rasa yang disuguhkan untukku..
Membuatku sulit menemukan sentuhan lezatnya..

Hidup begitu sulit untuk kujalani..
Terlalu banyak persimpangan yang harus aku pilih..
Membuatku sulit menemukan jalan yang benar..

Kemudian..
Sahabat hadir dalam rumitnya hidup..
Mengulurkan tangan untuk menopang..
Memapahku agar tak terjatuh...
Menggandengku menyusuri titian waktu..
Hingga waktunya nanti..
Kan kutemukan jalan yang benar untuk kutempuh..

Bersamamu Sahabat...

Puisi dari sahabat from friendster